PERANCANGAN KAMPANYE DAMPAK KEKERASAN FISIK PADA ANAK (STUDI KASUS DI KOTA BANDUNG)
Pada umumnya tindak kekerasan pada anak dibagi menjadi 4 jenis yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekersan seksual dan kekerasan sosial. Namun salah satu tindak kekerasan yang kerap dijadikan sebagai salah satu cara mendidik seorang anak adalah kekerasan fisik. Kebiasan tersebut akan sangat berdampak buruk untuk anak karena anak – anak yang membutuhkan figur orang tua atau orang lain disekitarnya sebagai pembimbing dan pengasuh untuk membentuk kepribadiannya. Sangat disayangkan orang tua tahu bahwa itu hal yang buruk namun menganggap hal itu adalah hal yang sepele. kampanye sosial ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para orang tua mengenai dampak kekerasan fisik pada anak dan mengajak orang tua untuk mendidik anak tanpa kekerasan fisik. Kampanye ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data yang akan diadakan di Kota Bandung sehingga dapat di olah menjadi Analisis SWOT, AIO dan mendapatkan strategi kreatif menggunakan strategi AISAS. Perancangan kampanye ini menghasilakan sebuah solusi yaitu Bijak dengan Tidak Ringan Tangan pada anak yang disampaikan melalui website, ambient media, print ad, merchendise dan sticker. Konsep visual menggunakan penggayaan flat design, agar terlihat modern dan menarik khalayak sasaran.
Kata Kunci: Kekerasan Fisik, Flat Design Website, Anak.