Smartphone merupakan ponsel pintar yang kini telah berkembang pesat dan digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan masyarakat dunia. Di Indonesia, jumlah pengguna smartphone mengalami peningkatan yang signifikan terutama smartphone yang menggunakan OS (Operational System) Android yaitu sebesar 76% pada tahun 2013. Hal ini disebabkan oleh banyaknya brand smartphone yang masuk ke Indonesia dan keberhasilan Android mengakuisisi aplikasi BBM (Blackberry Massenger). Berdasarkan perbandingan spesifikasi fitur berbagai brand smartphone menunjukkan bahwa brand smartphone Samsung Galaxy Grand dan Sony Experia C memiliki banyak persamaan fitur. Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang sikap konsumen Samsung Galaxy Grand dan Sony Experia C terhadap atribut produk dengan menggunakan model multiatribut Fishbein.
Penelitian ini menggunakan teori sikap multiatribut Fishbein dimana menurut Sumarwan (2011:180) menjelaskan sikap konsumen terhadap produk sangat ditentukan oleh sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang dievaluasi dan ditentukan oleh dua hal, yaitu kepercayaan terhadap atribut produk dan evaluasi pentingnya atribut produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 400 mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Telkom sebagai responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan model sikap multiatribut Fishbein dengan alat pengolah data Microsoft Excel dan SPSS versi 20.
Atribut produk yang menjadi prioritas utama bagi konsumen dalam memilih smartphone berbasis android adalah atribut kualitas produk dengan skor rata-rata sebesar 4,25. Produk smartphone berbasis android merek Samsung Galaxy Grand mendapatkan skor total analisis sikap konsumen sebesar 49,95 yang memiliki hasil sangat positif. Dan produk smartphone berbasis android merek Sony Xperia C mendapatkan skor total analisis sikap konsumen sebesar 46,26 yang memiliki sikap positif.
Dari hasil analisis model sikap Fishbein diperoleh bahwa Samsung Galaxy Grand memiliki nilai yang lebih bagus bila dibandingkan dengan Sony Xperia C berdasarkan atribut-atribut yang ada. Adapun saran-saran yang dapat diberikan adalah perusahaan elektronik di bidang ponsel smartphone agar memprioritaskan atribut yang menjadi prioritas, yaitu atribut kualitas produk dan dapat mempertahankan lalu meningkatkan atribut-atribut yang sudah dianggap baik oleh konsumen.
Kata kunci : Sikap konsumen, Atribut Produk, Fishbein