Game
art of war
adalah game action strategy yang menggabungkan
dua jenis genre game yang berbeda yaitu
genre strategy
dan
action RPG
. Game ini
dirancang dengan menggunakan
AI fuzzy logic
untuk
penentuan keputusan yang akan
diambil oleh NPC
.
Dengan keunikan fuzzy yang mempunyai gray area antara 1 dan 0
maka penentuan keputusan yang terjadi akan dinamis dan tidak monoton
Logika Fuzzy ini digunakan untuk pengambilan keputusan dari NPC
pada medan perang . logika fuzzy ini mempunyai tiga inputan
yaitu HP, BP dan
moral
yang didapat setelah perhitungan bobot probabilitas pada nation scene
. Setiap
NPC mempunyai 5 kemungkinan hasil fuzzy yaitu Lari, Bertahan, Ragu, Serang dan
Brutal. Hasil fuzzy inilah yang digunakan untuk menentukan action selanjutny
a yang
akan dilakukan oleh NPC
Setelah Dil
akukan pengujian Alpha
didapatkan dari pengambilan 4851
sampel
hasil ouput
fuzzy
yaitu
yaitu Kabur sebesar 4.45%, Bertahan sebesar 25.27%,
Ragu sebesar 28.1 %, Serang sebesar 26.8%, Brutal sebesar 15.38%.
hal
ini
menunjukan bahwa output fuzzy yang dihasilkan berupa hasil yang dinamis dan
variatif Game, AI, Fuzzy logic, Unity3D