PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN JASA KEUANGAN DI PT. POS INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 2011

Woro Ninditarini

Informasi Dasar

81 kali
116101101
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pelayanan publik yang mempunyai tiga kegiatan bisnis utama yakni surat dan paket, jasa keuangan dan logistik. Berdasarkan Keputsan Menteri Badan Usah a

Milik Negara (BUMN) Nomor : KEP

117/M

MBU/2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) , PT. Pos Indonesia selaku BUMN menerapkan prinsip GCG dalam tata kelola teknologi informasi perusahaan mereka. Berdasa rkan hasil assessment yang dilakukan PT. Pos Indonesia menggunakan COBIT 4.1, yakni dengan tingkat kematangan mencapai 1.2 ( initial ). Dapat diartikan melalui hasil assessment tersebut bahwa tidak ada komunikasi yang jelas terhadap implementasi TI di PT. Pos Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas layanan melalui penerapan layanan, PT. Pos Indonesia berusaha mengadopsi ITIL Versi 2011 dalam hal perancangan service design
Proses perancangan service design yang akan dilakukan meliputi proses design coordination, service catalogue management, service level managemenet, availability management dan capacity management . Keseluruhan proses perancangan service design tersebut akan dilaku kan pada layanan jasa keuangan, khususnya pada layanan Online Payment Engine PT. Pos Indonesia.
Hasil perancangan service design menggunakan framework ITIL Versi 2011 pada layanan jasa keuangan di PT. Pos Indonesia menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kual itas layanan dan tingkat kematangan ( maturity level ) sebesar 3, PT. Pos Indonesia diharapkan merancang Service Catalogue Management dan Service Level Management, Design Coordination dan Availability Management serta Capacity Management secara berurutan. Ha sil perancangan service design ini merupakan sebuah rekomendasi bagi PT. Pos Indonesia dalam hal IT Service Management .
ITIL, Service Design, Good Corporate Governance, IT Governance, matur ity level

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN JASA KEUANGAN DI PT. POS INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 2011
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Woro Ninditarini
Perorangan
Mur a hartawaty, ST., MT; Rahmat Mulyana, ST., MT ., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini