ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai tahap yang cukup signifikan sehingga mampu mendominasi hampir seluruh sektor bisnis. Salah satu sektor bisnis yang sedang sangat berkembang baik di dunia maupun Indonesia adalah sektor E-Commerce yang berfokuskan pada model Business - to – Consumer (B2C). Namun, meningkatnya pengguna internet di Indonesia tidak berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah transaksi secara online di Indonesia. Data juga menunjukan bahwa kepercayaan konsumen masih menjadi masalah untuk e-commerce di Indonesia. Pada penelitian sebelumnya bahwa terdapat pengaruh usability interface terhadap kepercayaan konsumen. Terdapat 5 variabel usability interface yang dijadikan sebagai indicator pada penelitian ini yaitu: ease of navigation, perception, consistency, learnability, dan user guidance.
Terdapat 5 e-commerce B2C yang dijadikan sebagai objek pada penelitian ini yaitu: Lazada, Blibli, Mataharimall, Bhinneka, dan Zalora. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh usability interface terhadap kepercayaan konsumen beserta indicator yang digunakannya pada website e-commerce B2C di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 400 responden sebagai sampel. Cara pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan lima poin skala likert. Teknik analisis statistik yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS 20.0 sebagai pengolahan datanya.
Hasilnya dapat diketahui bahwa secara simultan variabel usability interface positif berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Secara parsial, Ke-lima variabel pada usability interface juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Penelitian ini mendapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,272. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel Usability Interface (X) terhadap variabel Kepercayaan Konsumen (Y) dalam model regresi sebesar 27%. Sedangkan sisanya sebesar 78% % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan harus lebih memperhatikan usability interface pada website melalui sub variabel ease of navigation, perception, consistency, learnability, dan user guidance untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada website tersebut.
Kata Kunci: usability interface, kepercayaan konsumen, e-commerce