Perusahaan biasanya menggunakan seorang endorser untuk menarik perhatian dari konsumen. Endorser berpengaruh terhadap citra dari suatu produk karena cenderung identik dengan produk yang diwakilinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan masyarakat kota Bandung mengenai Ariel Noah, brand awareness Greenlight serta pengaruh dariendorser Ariel Noah yang terdiri dari atribut transference, congruence, credibility, attraction dan power terhadap brand awareness Greenlight pada masyarakat di Bandung.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Bandung dan sampel yang diambil sebanyak 408 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Ariel Noah sebagai endorser terhadap brand awareness Greenlight. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis structural equation modeling.
Hasil penelitian menunjukkan penilaian responden terhadap variabel endorser termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase nilai skor keseluruhan sebesar 74.29%. Tanggapan responden terhadap variabel kesadaran merek termasuk ke dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai skor keseluruhan sebesar 59,81%. Sub variabel endorser yang terdiri dari transference, congruence, credibility, attraction dan power secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran merek dengan nilai F hitung sebesar 162.5. Secara parsial, hanya sub variabel congruence, credibility dan attraction yang berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, sedangkan sub variabel transference dan power tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesadaran merek. Nilai koefisien determinasi yang didapat adalah sebesar 0.669. Dengan kata lain sebesar 66.9% kesadaran merek Greenlight dapat dijelaskan oleh transference, congruence, credibility, attraction dan power, sedangkan sisa 33.1% dijelaskan oleh pengaruh lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.