PENGARUH INTERAKTIVITAS SITUS WEB TERHADAP NILAI MEREK DENGAN VARIABEL MEDIASI KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK (STUDI PADA : BLANJA.COM)

BINTAN UMARULLAH

Informasi Dasar

82 kali
20.04.2601
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan informasi mengakibatkan perubahan yang besar bagi kehidupan masyarakat. Akses untuk mendapatkan informasi pun sekarang sangat dipermudah dengan adanya internet. Fenomena ini mengakibatkan terbentuknya sebuah industri perdagangan secara online yang biasa disebut e-commerce. Perkembangan industri e-commerce menciptakan kolaborasi antara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dengan eBay untuk bersaing dalam industri e-commerce di Indonesia dan meluncurkan Blanja.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai merek melalui variabel interaktivitas situs web dan pengetahuan merek. Pada variabel interaktivitas situs web diwakili oleh dua variabel, yaitu: User Control dan Two-Way Communication, serta variabel mediasi pengetahuan merek diwakili oleh dua variabel, yaitu : Brand Awareness dan Brand Image. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian konklusif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Blanja.com di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 211 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability dengan pendekan convenience sampling. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode stuctural equation modelling (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.8.
Hasil dari penelitian ini menunjukan User Control tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Brand Awareness dan Brand Image, serta tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Brand Value setelah di mediasi oleh variabel Brand Awareness dan Brand Image. Two-Way Communication memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness dan Brand Image, serta memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Value setelah di mediasi oleh variabel Brand Awareness dan Brand Image. Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image, sedangkan tidak memiliki pengaruh langsung Brand Value karena adanya mediasi dari variabel Brand Image. Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Value setelah di mediasi oleh variabel Brand Image. Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Value. Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan nilai merek dari Blanja.com, perusahaan harus memberikan fitur yang lebih baik dari situs e-commerce, meningkatkan feedback dari pengguna, kesempatan berbicara kembali dengan situs web, memperkenalkan merek kepada masyarakat luas agar semakin terkenal, diakui, dan menjadikan merek terkemuka di industry e-commerce, menjaga hubungan dengan konsumen agar konsumen tetap berbelanja melalui e-commerce dengan merek Blanja.com demi terciptanya merek yang dihormati dalam industri e-commerce.

Kata Kunci: User Control, Two-Way Communication, Brand Awareness, Brand Image, Brand Value.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH INTERAKTIVITAS SITUS WEB TERHADAP NILAI MEREK DENGAN VARIABEL MEDIASI KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK (STUDI PADA : BLANJA.COM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BINTAN UMARULLAH
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini