ABSTRAK
Divisi Enterprise Service merupakan salah satu divisi yang ada di PT Telkom Indonesia, Tbk. Divisi tersebut merupakan unit yang bertugas untuk mensupprot semua segment diperusahaan telkom untuk memberikan kebutuhan pelayanan pelanggan bagi perusahaan-perusahan besar dan BUMN. Divisi tersebut memiliki budaya kerja berbunyi “FU11TAST19” yang selalu ditanamkan dalam diri karyawan untuk berkomunikasi dengan baik. Baik itu komunikasi ke atas, ke bawah maupun komunikasi horizontal. Iklim komunikasi merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk keberlangsungan suatu organisasi karena dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim komunikasi dan kepuasan kerja karyawan di Divisi Enterprise Service PT Telkom Indonesia serta mengetahui seberapa besar pengaruh iklim komunikasi terhadap kepuasaan kerja karyawan Divisi Enterprise Service PT Telkom Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan tenik pengumpulan data berupa kuisioner. Jumlah karyawan sebanyak 500 orang dengan mengambil sampel sebanyak 84 orang. Dari tanggapan responden pada iklim komunikasi sebesar 90% termasuk dalam kategori sangat baik, dan kepuasan kerja sebesar 88% dalam kategori sangat baik. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Iklim Komunikasi (X) memberikan pengaruh sebesar 78,4% terhadap variabel Kepuasan Kerja (Y), sedangkan 21,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Iklim Komunikasi, Kepuasan Kerja, FU11TAST19