HRCN Outfitters merupakan perusahaan yang bergerak dibidang fesyen, dengan konsep stylish, trendy dan sporty for everyone. Konsep tersebut dapat dipadukan pada kegiatan sehari-hari. Meskipun sudah berjalan dari tahun 2008, HRCN Outfitters memiliki beberapa permasalahan yang dihadapi. Pada faktor internal, HRCN Outfitters belum memaksimalkan proses produksi dengan baik sehingga terdapat sisa stok barang dengan volume yang tinggi. Pada segi eksternal perusahaan HRCN Outfitters, terdapat hubungan pelanggan yang kurang memuaskan dan juga tingginya tingkat persaingan yang membuat HRCN Outfitters sulit bersaing pada industry Fesyen
Model bisnis merupakan salah satu cara untuk memuaskan sebuah strategi agar tetap kompetitif dan dapat bersaing dengan cara memetakan dan memvisualisasikan peta model bisnis secara keseluruhan. Salah satu metode yang digunakan adalah pendekatan business model canvas (BMC) melalui analisis SWOT terhadap empat bidang utama model bisnis, yaitu proposisi nilai, infrastruktur, biaya dan pendapatan, serta hubungan dengan pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh HRCN Outfitters. Selanjutnya adalah merancang strategi usulan dengan mempertimbangkan analisis lingkungan serta customer profile atau pandangan konsumen mengenai keinginan dan kebutuhan atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang akan mempengaruhi model bisnis.
Strategi usulan yang telah dirancang kemudian akan dilakukan perhitungan keuntungan yang mengenai usulan keuangan yang telah dikemukan. Seberapa jauh benefit yang akan didapatkan apabila perusahaan mengimplementasikan stategi usulan tersebut. Langkah terakhir pada penelitian adalah merancang model bisnis baru dengan Sembilan blok bangunan BMC yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, cost structure, key activities, key partnerships dan key resources.
Kata kunci : Value propositions canvas, Business Model Canvas, SWOT Model Bisnis.