Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 ini telah berdampak buruk bagi berbagai industri, termasuk industri perhotelan. Indonesia salah satu wilayah di dunia yang terkena dampak dari COVID-19. Industri perhotelan mengalami penurunan okupansi yang sangat drastis, maka dari itu perlu dilakukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat dan efektif agar dapat menstabilkan okupansi yang mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Bumi Wiyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan data-data yang bersifat fakta berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan Sales & Marketing Manager, Asisten PR Manager, serta General Manager dari Hotel Bumi Wiyata. Peneliti menarik kesimpulan bahwa Hotel Bumi Wiyata melakukan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan elemen-elemen dari bauran komunikasi pemasaran yang ada, namun hanya beberapa elemen yang mampu menaikkan okupansi hotel dalam masa pandemi ini, seperti advertising, sales promotion, personal selling serta direct selling dan penerapan yang dilakukan oleh Hotel Bumi Wiyata berjalan sesuai dengan tujuan hotel, yaitu menstabilkan okupansi dalam masa pandemi COVID-19.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Hotel