ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Simpati Telkomsel (Studi Kasus Pada Pt. Telkomsel
Branch Bandung) , dalam penelitian ini terdapat fenomena bahwa terdapat konsumen
telkomsel di Bandung yang kurang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan
Telkomsel Branch Bandung.
Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive
sampling. Non probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak
memberi peluang atau kesempatan bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk
dipilih menjadi sampel (Sugiyono 2018:84). Teknik yang akan digunakan dalam
penalitian ini adalah purposive sampling yaitu pengambilan sample dengan cara
menetapkan ciri-ciri khusus yang sesusai dengan tujuan penelitian sehingga di
harapkan dapat menjawab permasalahan penelitian, berdasarkan perhitungan tersebut,
sampel yang didapat sebesar 96,04 orang, tetapi peneliti melakukan pembulatan dan
untuk mempermudah hitungan maka peneliti mengambil sampel sebanyak 100 orang
Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan, maka dapat
diketahui bahwa tanggapan responden yang merupakan para pengguna produk dan jasa
Telkomsel mengenai kualitas pelayanan berada pada kategori tinggi, sehingga dapat
dinyatakan bahwa kualitas layanan yang diberikan Telkomsel Branch Bandung kepada
para konsumen sudah baik/memuaskan dan tanggapan responden mengenai loyalitas
pelanggan, berada pada kategori cukup, sehingga dapat dinyatakan bahwa loyalitas
pelanggan Telkomsel Branch Bandung cukup baik/cukup loyal kepada Telkomsel
Branch Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai "Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Loyalitas Pelanggan Simpati Telkomsel pada PT Telkomsel Branch
Bandung", maka diperoleh kesimpulan, Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada simpati di Telkomsel Branch Bandung.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas pelanggan, Pemasaran