Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Bandung

KHARINA DISKANADIA

Informasi Dasar

55 kali
21.04.3092
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, teknologi digunakan hampir di setiap sektor kehidupan. Perkembangan di dunia teknologi tersebut selaras dengan perkembangan telepon genggam atau handphone. Dalam dua dekade ini, handphone telah berkembang pesat dan kini telah berubah menjadi telepon pintar atau smartphone. Kebutuhan akan smartphone terus mengalami peningkatan karena saat ini smartphone sudah bagaikan kebutuhan pokok masyarakat dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kepraktisan di tengah mobilitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dan seberapa besar pengaruh dari brand equity terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di kota Bandung. Salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan dalam suatu bisnis keputusan pembelian. Agar tercapainya keputusan pembelian dari suatu merek ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu brand equity, diantaranya adalah brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling dengan total responden sebanyak 400. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan SPSS 21 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, variabel brand awareness berada dalam kategori sangat baik dan variabel brand association, perceived quality, brand loyalty, dan keputusan pembelian berada dalam kategori baik. Besarnya pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 76,1%, sedangkan sisanya 23,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial brand equity dari smartphone Samsung yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Besaran pengaruh paling tinggi yaitu brand loyalty sebesar 37,3%, diikuti oleh perceived quality sebesar 19,7%, selanjutnya brand association sebesar 12,5% dan terakhir dari brand awareness sebesar 6,6%.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHARINA DISKANADIA
Perorangan
IMANUDDIN HASBI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini