Tutuo merupakan startup karya mahasiswa Telkom University dengan
layanan yang dapat diakses melalui website, tetapi saat ini Tutuo belum dapat
diakses sepenuhnya karena masih dalam proses penyempurnaan dan validasi. Salah
satu tantangan yang dihadapi oleh Tutuo yaitu kesulitan untuk membentuk value
map dan customer profile. Permasalahan ini membuat Tutuo sulit untuk
berkembang, selain itu juga menjadi tantangan yang mendorong untuk mengetahui
lebih jauh permasalahan utama baik yang dialami Tutuo maupun mahasiswa yang
kesulitan memahami suatu matakuliah di era pandemi ini.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana profil konsumen
startup bimbingan belajar online TUTUO dan mengetahui bagaimana nilai manfaat
yang diharapkan oleh konsumen startup bimbingan belajar online TUTUO.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan
fenomena penelitian ini diteliti menggunakan metode studi kasus. Teknik
pengambilan data penelitian ini dengan cara wawancara secara mendalam,
observasi, dan pengumpulan data sekunder. Narasumber yang terlibat yaitu
mahasiswa dan founder Tutuo.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Customer profile terdiri dari
Customer jobs yaitu pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi MBTI FEB,
Prodi Administrasi Bisnis FKB, Ilmu Komunikasi FKB Universitas Telkom yang
memiliki keaktifan kegiatan organisasi maupun UKM, Pain yang dialami oleh
mahasiswa sebagai konsumen TUTUO adalah dirasakan rasa bosan akibat
monotonnya metode pembelajaran, mahasiswa menjadi pasif, kurang kreatif dan
produktif dan Gain yang menjadi kesenangan mahasiswa sebagai konsumen yaitu
menginginkan adanya bentuk pembelajaran yang baru disertai dengan adanya
keinginan untuk melakukan pembelajaran secara mandiri, komunikasi untuk
mencapai tujuan dari dalam dirinya, menginginkan adanya bentuk pembelajaran
bimbingan online dari tempat lain. Kemudian Value Map terdiri dari Products and
Service Tutuo yaitu platform bimbingan Online Tutuo yang menyediakan
kebebasan bagi para Mahasiswa untuk memilih Pengajarnya sebagai solusi untuk
menyelesaikan masalah mereka, memberikan fitur video Tutorial, juga memberikan
jasa pembelajaran praktikum, Pain Relievers Tutuo yaitu mengidentifikasi jadwal
ujian dari sasaran yang dituju menjadi sebuah solusi dari permasalahan Mahasiswa
mereka mengidentifikasi dari Demand yang mungkin akan terjadi seiring dengan
kalender akademik dan Gain Creator Tutuo yaitu dari segi cara menyesuaikan
dengan kebutuhan konsumen, cara yang mereka lakukan adalah dengan melakukan
screening question.
Kata kunci: Value proposition design, Startup, Pendidikan, Value Map, Customer
Profile.