PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP REPUTASI MEDICAL HEALTH APPS YANG DIMODERASI DENGAN CELEBRITY CHARACTERISTIC (STUDI KASUS APLIKASI HALODOC)

WAFA ROHADATUL AISY

Informasi Dasar

22.04.1736
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan adanya pendemi Covid-19, pemerintah memberlakukan PSBB yang mana membatasai pergerakkan masyarakat terlebih untuk urusan kesehatan. Masyarakat yang memerlukan informasi terkait medis beralih dari pergi langsung ke rumah sakit, menjadi menggunakan medical health apps.Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Daily Social pada tahun 2020, HaloDoc menjadi aplikasi medical health appsyang paling banyak dipilih oleh masyarakat dibanding dengan beberapa aplikasi kesehatan lainnya. HaloDoc dinobatkan menjadi 150 aplikasi kesehatan yang menjanjikan di seluruh dunia. HaloDoc berusaha kuat untuk membangun reputasi positif bagi perusahaan di mata publik. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang saat ini sering digunakan untuk tujuan tersebut adalah strategi Celebrity endorsement.Karakteristik pribadi Celebrity endorser sangat berpengaruh terhadap efektivitas dari sebuah proses endorsement.Karakteristik yang diperhatikan yaitu attractiveness, likeability, expertise, dan  trustworthiness.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh endorsement terhadap company reputation dan mengetahui pengaruh celebrity endorsement terhadap company reputation yang dimoderasi masing-masing variabel celebrity characteristic (attractiveness, likeability, expertise, dan trustworthiness).Sampel penelitian ini sebanyak 384 dengan teknik purposive samplingyang diolah menggunakan softwareSmart-PLS. 

Hasil analisis deskriptif pada jawaban responden menunjukan pada variabel celebrity endorsement secara total sebesar 80.18% dengan kategori setuju, pada variabel reputasi secara total sebesar 84.57% dengan kategori sangat setuju, pada variabel attractiveness secara total sebesar 75.79% dengan kategori setuju, pada variabel likeability secara total sebesar 83.71% dengan kategori setuju, pada variabel expertise secara total sebesar 81.42% dengan kategori setuju, dan pada variabel trustworthiness secara total sebesar 82.79% dengan kategori setuju.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement, attractiveness, expertise, likeability, trustworthiness, moderasi att, moderasi exp, moderasi like, dan oderasi trus terhadap perubahan variasi variabel reputasi sebesar 56.5%, dan 43.5% dipengaruhi variabel lain diluar model. Variabel moderasi yang mempunyai pengaruh paling besar ialah likeability dengan angka path coefficient 0.118. Dengan kata lain, likeability yang dimiliki oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diketahui bahwa dapat mempengaruhi pandangan konsumen terhadap reputasi perusahaan sehingga perusahaan perlu mempertimbangkan kesukaan konsumen terhadap celebrityyang digunakan. Perusahaan dapat melakukan survei terkait siapa celebrity di Indonesia yang saat ini sangat disukai oleh masyarakat dapat dilihat dari jumlah pengikut disosial medianya atau bagaimana celebrity menanggapi pengikutnya.

 

Kata kunci; celebrity endorsement, reputasi perusahaan, karakteristik selebriti.

Subjek

ADVERTISING-MARKETING STRATEGY
 

Katalog

PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP REPUTASI MEDICAL HEALTH APPS YANG DIMODERASI DENGAN CELEBRITY CHARACTERISTIC (STUDI KASUS APLIKASI HALODOC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAFA ROHADATUL AISY
Perorangan
Refi Rifaldi Widya Giri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM692044 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT
  • BM63I4 - PEMASARAN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini