PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK WHITELAB DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI

TUBAGUS AKBAR GANJAR ISKANDAR

Informasi Dasar

22.04.2099
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi internet mempunyai dampak yang sangat signifikan dalam bidang ekonomi dan bisnis pada era globalisasi saat ini. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya transaksi di kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di Marketplace. Pada bisnis kecantikan diindikasikan bahwa untuk melakukan promosi dan meningkatkan pembelian suatu produk dipengaruhi oleh komunikasi eWOM salah satunya adalah customer review dan influencer endorsement.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh langsung dari eWOM yang meliputi customer review dan influencer endorsement terhadap purchase intention pada produk Whitelab dengan peran variabel trust sebagai variabel moderasi.

 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian kausal. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan metode yang digunakan adalah Convenience Sampling sebanyak 400 responden pengguna Whitelab Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan skala ordinal dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Squares Strucutral Equation Modeling (PLS-SEM).

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh  kesimpulan bahwa customer review tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention produk Whitelab, influencer endorsement memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention produk Whitelab, trust tidak memoderasi hubungan antara customer review terhadap purchase intention produk Whitelab dan trust memoderasi hubungan antara influencer endorsement terhadap purchase intention produk Whitelab.

Adapun saran dari hasil penelitian ini yaitu perusahaan diharapkan dapat lebih  memfokuskan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Whitelab, dengan nilai koefisien regresi 80,8%. Dalam meningkatkan kepercayaan konsumen perusahaan dapat menggunakan influencer endorsement dalam memasarkan produk mereka, dikarenakan variabel trust memoderasi hubungan antara variabel influencer endorsement dan purchase intention.

 

Kata Kunci: Customer Review, Influencer Endorsement, Sosial Media, Trust

Subjek

Skripsi
 

Katalog

PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK WHITELAB DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TUBAGUS AKBAR GANJAR ISKANDAR
Perorangan
Osa Omar Sharif
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM692044 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini