Perancangan Permainan Papan Edukatif dengan Konten Dongeng Indonesia untuk Anak Usia 6 - 9 Tahun

AMALIAH NUR RISMA

Informasi Dasar

91 kali
22.04.2927
793.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dongeng mengandung nilai-nilai moral yang berpengaruh pada perkembangan karakter anak. Seiring berjalannya waktu, dongeng semakin ditinggalkan sehingga metode dalam menyampaikan dongeng harus disesuaikan agar anak tertarik kembali untuk membaca dan memahami dongeng. Salah satunya melalui media pembelajaran permainan papan mengingat anak sangat suka bermain. Penelitian ini berfokus pada perancangan permainan papan yang menarik dengan memanfaatkan konten dongeng anak Indonesia yang mengandung pesan moral dalam kisah didalamnya yang akan memengaruhi perkembangan karakter positif anak. Bagaimana board game dengan konten dongeng Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karakter anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dongeng telah terbukti secara ilmiah dapat mendukung tumbuh kembang anak sehingga pembekalan anak untuk memahami nilai-nilai kehidupan yang dianut oleh masyarakat sangat penting dibekali sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang permainan papan edukatif yang menyenangkan dan sesuai untuk anak sehingga anak akan mudah memahami pesan moral yang terkandung dalam dongeng yang merupakan tema utama permainan papan yang akan dirancang tersebut.

Kata kunci: perancangan , permainan papan, dongeng, anak

Subjek

GAMES DESIGN
EDUCATION, PRODUCT DESIGN,

Katalog

Perancangan Permainan Papan Edukatif dengan Konten Dongeng Indonesia untuk Anak Usia 6 - 9 Tahun
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMALIAH NUR RISMA
Perorangan
Edwin Buyung Syarif, Alvian Fajar Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini