Puan Clothing merupakan sebuah usaha penjualan pakaian wanita, yang menjual produk secara langsung dan online melalui media sosial Instagram dan Whatsapp. Berdasarkan hasil user research yang dilakukan, ternyata masih banyak keterbatasan pada sistem penjualan, akibatnya tujuan pelanggan jadi tidak tercapai. Salah satu keterbatasannya adalah butuh waktu yang lama untuk mendapat informasi, karena butuh menunggu jawaban dari penjual. Selain itu, terdapat keterbatasan penjual untuk mempromosikan produk yang disediakan. Untuk itu, perlu dilakukan peralihan sistem dari hanya menggunakan media sosial untuk promosi dan penjualan, ke website yang juga dapat digunakan pada berbagai device. Namun, sebelumnya perlu dilakukan perancangan model desain untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mencapai tujuannya dengan menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD). Untuk mengevaluasi model prototype dilakukan Usability testing dan System Usability Scale (SUS) dengan tujuan diperoleh rancangan desain yang sesuai dengan tujuan pengguna. Hasil dari pengujian diperoleh nilai effectiveness dan efficiency tampilan desktop masing-masing dengan rata-rata sebesar 97,1%,, sebesar 96,5%. untuk tampilan mobile, sebesar 97,1%, dan 95,5%. dan nilai satisfaction 86,5 atau Acceptability Rating Acceptable, Grade Scale B, dan Adjective Ratings Excellent yang artinya layak untuk digunakan bagi pengguna.
Kata Kunci: E-Commerce, Goal-Directed Design (GDD), System Usability Scale (SUS), User Experience