PENGARUH KEINGINAN DAN KELAYAKAN YANG DIRASAKAN MELALUI MEDIASI ENTREPRENEURIAL SELF-CONFIDENCE TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI PEKANBARU

SATYA AJI PAMUNGKAS

Informasi Dasar

45 kali
23.04.373
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wirausahawan di Indonesia telah menjadi negara yang sedang berkembang. Walaupun angka pengangguran di Indonesia menurun tetapi yang merupakan lulusan dari sarjana dan diploma justru mengalami kenaikan yang mengalami pengangguran.Teori Entrepreneur Even Model meliputi keinginan yang dirasakan, kelayakan yang dirasakan, dan kecendrungan untuk bertindak. Namun penelitian ini menggunakan teori keinginan yang dirasakan dan kelayakan yang dirasakan karena dinilai sangat baik dalam menentukan niat berwirausaha.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efek mediasi entrepreneurial self-confidence pada hubungan antara persepsi keinginan yang dirasakan, kelayakan yang dirasakan dan niat berwirausaha pada mahasiswa di empat Universitas yaitu Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Sampel yang akan diambil adalah berjumlah 405 sampel.

Kriteria dari responden adalah mahasiswa aktif dari empat Universitas yang ada di Pekanbaru. IBM SPSS  adalah software yang digunakan untuk menguji hipotesis. Pertanyaan menggunakan skala likert empat titik. Metode yang digunakan adalah non probability sampling. Hasil penelitian akan dijelaskan melalui teknik analisis data analisis deskriptif, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji analisis jalur.

Kelayakan yang dirasakan berhubungan positif dengan entrepreneurial self-confidence  dan niat berwirausaha mahasiswa di Pekanbaru. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa entrepreneurial self -confidence secara signifikan memprediksi niat berwirausaha mahasiswa di Pekanbaru dan memediasi hubungan antara keinginan yang dirasakan dan niat berwirausaha dan antara kelayakan yang dirasakan dan niat berwirausaha dari mahasiswa di Pekanbaru.

Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi positif dan kuat tentang keinginan dan kelayakan dalam berbisnis berwirausaha mengaktifkan entrepreneurial self-confidence tingkat tinggi di antara mahasiswa di Pekanbaru. Dengan entrepreneurial self-confidence tinggi, pada gilirannya, meningkatkan niat berwirausaha mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi terhadap proses pembelajaran kewirausahaan di perguruan tinggi, khususnya Mahasiswa dari empat Universitas di Pekanbaru, dan dapat menghapus angka pengangguran di Indonesia dan di Pekanbaru.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KEINGINAN DAN KELAYAKAN YANG DIRASAKAN MELALUI MEDIASI ENTREPRENEURIAL SELF-CONFIDENCE TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI PEKANBARU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATYA AJI PAMUNGKAS
Perorangan
Mediany Kriseka Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM791064 - ENTREPRENEURSHIP
  • SI591064 - ENTREPRENEURSHIP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini