UMKM bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan (Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008). UMKM terdiri dari Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah. Terdapat beberapa bisnis yang dapat dijadikan ke dalam kategori UMKM seperti bisnis di bidang makanan & minuman. Mira Pesona merupakan salah satu bentuk usaha di bidang makanan dan minuman (food & beverage). Mira Pesona didirikan oleh Ibu Mira yang berlokasi di Pesona Bali Residence Blok B3 Nomor 5. Mira Pesona memulai berjualan nasi kuning dan nasi uduk dengan sasaran konsumen adalah Warga Pesona Bali Residence.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penelitian eksperimen yang sederhana, dengan pengendalian yang ketat, ukuran sampel bisa antara 10 sampai dengan 20 responden. Penyebaran kuisioner dengan ukuran sampel yang diambil sebanyak 15 responden dengan menggunakan skala untuk mengkategorikan umur responden. Melalui wawancara ini diharapkan dapat mengidentifikasi dan menghilangkan potensi masalah. Setelah uji kenormalan terhadap data umur responden dengan likert scale yang sudah ditentukan kriterianya, dilakukan analisis apakah umur responden mempengaruhi penilaian secara bobot atau skor.
Usaha – usaha yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui jumlah produk terjual pada UMKM Mira Pesona didapatkan melalui penggambaran fishbone diagram, potensi solusi, pengumpulan data secara analisis lingkungan bisnis maupun analisis SWOT, dan value proposition canvas. BMC usulan didapatkan melalui beberapa tahap dalam sistematika perancangan mulai dari tahap pengumpulan & pengolahan data secara primer maupun sekunder sampai dengan verifikasi serta validasi BMC usulan. Menggunakan tiktok sebagai media promosi, menjadikan shopee sebagai mitra dalam pemesanan dan pengiriman makanan serta mencari pendanaan melalui program pemerintah adalah beberapa usulan yang dapat membantu UMKM Mira Pesona dalam mencapai target penjualan sebesar 720 pieces per bulan.
Kata kunci — [UMKM, makanan & minuman, diagram tulang ikan, business model canvas, value proposition canvas]