Bababiya Food merupakan usaha kuliner dengan menu utama bakso dandang dan mie ayam box. Saat ini, Bababiya Food mengalami turunnya omzet penjualan, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu bagian pemasaran yang belum maksimal, proses produksi terhambat, fasilitas produksi belum lengkap, dan ketersediaan stok produk yang belum memenuhi permintaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi dan merancang model bisnis usulan Bababiya Food dengan pendekatan Business Model Canvas. Perancangan dimulai dari pemetaan model bisnis saat ini, customer profile, analisis lingkungan bisnis, yang dilanjutkan dengan analisis SWOT dan perancangan strategi, perancangan value proposition canvas, dan perancangan business model canvas usulan. Usulan perbaikan atas model bisnis saat ini yaitu penambahan value propositions berupa kemasan yang aman, produk tanpa bahan pengawet, produk bersertifikasi halal, harga terjangkau, produk bervariasi, produk berkualitas, cita rasa enak dan konsisten, serta paket gift. Untuk key activities, terdapat usulan aktivitas mengikuti webinar atau pelatihan, perencanaan persediaan dan perencanaan produksi, serta standarisasi resep. Selain itu terdapat usulan pembukaan franchise sebagai upaya perbaikan revenue stream, program referral pelanggan serta layanan pelanggan sebagai perbaikan pada blok customer relationships, serta penambahan mesin produksi pada key resources.
Kata kunci: Business Model Canvas, Bababiya Food, bakso dandang, Customer Profile, Analisis SWOT