Bbq Dirumah merupakan UKM yang bergerak di bidang kuliner, yaitu menyediakan produk olahan daging berupa barbeque. Bbq Dirumah menggunakan konsep grill at home dimana sejak adanya pandemi COVID-19, masyarakat mengalami perubahan pola konsumi dari from farm to table menjadi home service or take away dimana hal ini menjadi peluang yang besar bagi UKM Bbq Dirumah. Namun, selama enam bulan terakhir dari Bulan Juni- November didapati penjualan tidak mencapai target dan pertumbuhan penjualan mengalami fluktuasi dengan kenaikan yang rendah. Oleh karena itu, dilakukan observasi terhadap aspek-aspek yang ada pada Bbq Dirumah mulai dari produk yang ditawarkan, lokasi, promosi, dan manajemen yang dilakukan. Terdapat beberapa permasalahan yang ada dengan bobot terbesar yaitu permasalahan pada manajemen dimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bbq Dirumah belum optimal sehingga diperlukan usulan strategi pemasaran berdasarkan kondisi UKM Bbq Dirumah untuk meningkatkan penjualan.
Penelitian dilakukan menggunakan dua metode untuk mendapatkan usulan strategi, yaitu Matriks SWOT dan Matriks IE. Kemudian dilakukan pemilihan prioritas strategi menggunakan QSPM. Analisis SWOT dilakukan untuk identifikasi faktor internal dan eksternal sebagai input dalam penyusunan matriks SWOT dan IE sehingga didapatkan strategi alternatif serta dilakukan evaluasi untuk penentuan prioritas strategi alternatif yang dapat diimplementasikan dengan QSPM sebagai upaya peningkatan penjualan untuk mencapai target. Tujuan penelitian adalah merancang strategi pemasaran pada UKM Bbq Dirumah untuk meningkatkan volume penjualan agar dapat mencapai target yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan posisi UKM Bbq Dirumah berada pada kuadran V pada matriks IE dengan skor IFE 2,604 dan EFE sebesar 2,684. Strategi alternatif terpilih berdasarkan nilai prioritas pada QSPM adalah “melakukan benchmarking kepada kompetitor untuk pengembangan produk yang lebih baik” dengan skor TAS sebesar 5,895.