Analisis Jaringan dan Sentimen Publik Di Media Sosial : Studi Kasus Komunikasi Krisis Indihome PT Telkom Indonesia, Tbk

JESSICA MELLY HANA REZEKY

Informasi Dasar

316 kali
23.04.1206
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indihome (Indonesia Digital Home) PT Telkom Indonesia, Tbk merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang memiliki komplain terbanyak di media sosial Twitter. Oleh karena itu, PT Telkom Indonesia, Tbk semakin berupaya dalam meningkatkan kualitas produk dan pelayanan melalui akun @IndiHomeCare dalam memberikan respon mengenai produk dan pelayanan Indihome (Indonesia Digital Home). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jaringan aktor yang berperan penting dan mengklasifikasi sentimen publik berdasarkan teks atau percakapan di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) dan Discourse Network Analysis (DNA) dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan dan menggali fenomena sentimen publik atas krisis yang terjadi di media sosial Twitter. Penelitian ini mengacu pada model collecting data framing (Entman,1993) dan social mediated crisis communication (Hvass, 2014). Temuan penelitian ini bahwa aktor yang mempengaruhi opini publik mengenai layanan Indihome terdiri dari publik dan influencer. Dimana framing aktor terbagi menjadi dua yaitu kecewa dan puas atas pelayanan Indihome. Sehingga menyebabkan social mediated crisis communication terjadi dengan keterlibatan aktor yang pro dan kontra atas layanan Indihome. Prilaku aktor terekam pada teks atau percakapan di media sosial Twitter dengan fokus pada pesan, audiens, dan konteks. Kata kunci: Discourse Network Analysis, Indihome, Sentimen Publik, Social Network Analysis, Twitter

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

Analisis Jaringan dan Sentimen Publik Di Media Sosial : Studi Kasus Komunikasi Krisis Indihome PT Telkom Indonesia, Tbk
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSICA MELLY HANA REZEKY
Perorangan
Razie Razak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini