ANALISIS PENGARUH DIMENSI E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN FIXED BROADBAND INTERNET INDIHOME DI INDONESIA

ALYA FAHIRA

Informasi Dasar

87 kali
23.04.1805
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingginya jumlah pelanggan Internet di Indonesia mempengaruhi kebutuhan masyarakat terhadap koneksi internet dalam menunjang kegiatan sehari-hari seperti halnya penggunaan internet fixed broadband. Internet fixed broadband di Indonesia memiliki berbagai macam merek layanan salah satunya adalah Indihome dimana Indihome di Indonesia memiliki jumlah pelanggan tertinggi dibandingkan kompetitor sejenisnya. Namun terdapat permasalahan mengenai layanan Indihome yang dikeluhkan oleh pelanggan dari segi e-service quality layanan Indihome.Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality dengan sub variabel efficiency, fulfillment, system availability dan privacy terhadap kepuasan pelanggan layanan fixed broadband Internet Indihome.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi pelanggan layanan fixed broadband Indihome di Indonesia yakni sebanyak 8,7 juta pelanggan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan total sampel sebanyak 350 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis parsial dan simultan.Hasil dari penelitian menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara efficiency terhadap kepuasan pelanggan, sementara terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara fulfillment, system availability dan privacy terhadap kepuasan pelanggan. Namun secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-service quality terhadap kepuasan pelanggan Indihome.Berdasarkan hasil penelitian pada dimensi privacy yang merupakan dimensi dengan nilai paling tinggi serta memiliki pengaruh sangat kuat pada kepuasan  pelanggan, peneliti menyarankan penyedia layanan fixed broadband Indihome untuk terus berupaya untuk menjaga data-data pelanggan seperti halnya data perbankan, data diri pelanggan, history access pelanggan dan nomor telepon pelanggan kepada pihak lain, dikarenakan kepuasan pelanggan fixed broadband Indihome didominasi oleh faktor tersebut. Jadi secara manajerial atau secara praktis, manajemen Indihome harus terus memperhatikan dan selalu meningkatkan jaminan privasi pelanggan.

 

Kata Kunci: Fixed broadband, Indihome, Kualitas layanan elektronik, Kepuasan pelanggan.

Subjek

QUALITY SERVICE
SERVICE MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS PENGARUH DIMENSI E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN FIXED BROADBAND INTERNET INDIHOME DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALYA FAHIRA
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini