ANALISIS SENTIMEN REVIEW SCARLETT WHITENING ACNE SERUM PADA SHOPEE MENGGUNAKAN TEXT ANALYTICS

MUHAMMAD RHENDY ALIF MULYADI

Informasi Dasar

186 kali
23.04.1816
515.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Potensi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia cukup besar ditambah negara Indonesia memiliki populasi yang besar menjadikan negara dengan target pasar yang luas. Hal ini selaras dengan tingkat pendapatan e-commerce di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan mendorong kemajuan banyak industri didalamnya, salah satunya adalah industri kecantikan yang berada di posisi kedua dalam pendapatan e-commerce negara tahun 2021 dan didominasi oleh penjualan Scarlett Whitening, MS Glow dan Somethinc. Banyaknya kompetitor di industri ini membuktikan bahwa tren skincare saat ini sedang marak di pasaran masyarakat Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat ditingkatkan dan dipertimbangkan oleh pelaku bisnis dan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian sebuah produk, melalui review negatif dan review positif Scarlett Whitening Acne serum yang ada di Shopee. Serta mengklasifikasikan dataset yang begitu banyak sehingga dapat mudah diketahui tentang sentiment konsumen.

            Untuk mencapai tujuan penelitian, teknik analisis data pada penelitian ini berupa analisis deskriptif dengan metode sentiment analysis naïve bayes menggunakan software Rapidminer untuk menganalisis atribut apa saja yang paling di pertimbangkan oleh konsumen. Data yang diperoleh dari website Shopee berjumlah 3.006 review dan menjadi 1.903 review setelah pre-processing data. Sedangkan visualisasi word cloud kata kunci menggunakan software Orange.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentiment positif yang paling diperbincangkan berkaitan dengan atribut produk adalah “cocok”, “pengiriman”, dan “pengemasan”. Sedangkan sentimen negatif yang paling diperbincangkan adalah “pengiriman”, “cocok”, dan “aman”. Berdasarkan sentimen positif tersebut dapat dikatakan bahwa konsumen merasa cocok dengan bahan dasar Scarlett Acne serum, hal ini dibuktikan dengan kata “cocok” yang paling banyak diperbincangkan dan memiliki sentimen positif. Sedangkan sentimen negatif paling banyak mempermasalahkan atribut “pengiriman” dimana konsumen mendapakan produk yang rusak dikarenakan pengemasan yang kurang baik selama pengiriman.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh pengembang skincare Scarlett Whitening seperti peningkatan kualitas produk dan packaging yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan produk begitu sampai ditangan konsumen. Saran lain yang dapat dilakukan pengembang skincare adalah dengan mengkolaborasikan proses research and development dari produk mereka dengan menjadikan scarlett whitening Acne serum sebagai competitor references produk skincare mereka.

Subjek

ANALYSIS
ANALYSIS KEY SUCCESS FACTOR FOR KEY ACCOUNT MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS SENTIMEN REVIEW SCARLETT WHITENING ACNE SERUM PADA SHOPEE MENGGUNAKAN TEXT ANALYTICS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RHENDY ALIF MULYADI
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini