PT Pertamina Patra Niaga menggunakan media sosial Instgaram sebagai media perantara dalam memaparkan informasi seputar energi rantai bisnis yang dijalankan. Penelitian bertujuan unutk mengetahui aktivitas pengelolan akun media sosial Instgaram @ptpertaminapatraniaga sebagai media informasi. Penelitian menggunakan konsep The Circullar Model Of SOME oleh Lutrell (2015) yang terdiri dari empat aspek yaitu Share, Optimize, Manage dan Engage sebagai acuan dalam penelitian yang dilakukan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan konstruktivisme. Melalui hasil penelitian yang dilakukan dipaparkan pada poin-poin di setiap aspeknya mulai dari poin participate, connect dan build trust pada aspek share, lalu melalui poin listen & learn dan take part in authentic conversation pada aspek optimize, kemudian melalui poin media monitoring, quick response dan real – time interactions pada aspek manage juga poin influencer relation, where is the audience dan how do I reach them pada aspek engage. Melalui hasil penelitian yang didapat, diharapkan untuk pengelola akun media sosial Instagram agar dapat memaksimalkan kembali penggunaan fitur maupun tools dalam pengelolaan media sosial yang dilakukan.
Kata Kunci : PT Pertamina Patra Niaga, Instagram, Media Sosial, Pengelolaan Media Sosial, Media Informasi.