Perkembangan teknologi di era digital saat ini mengalami peningkatan. Fiturnya yang banyak dapat digunakan masyarakat sesuai kebutuhan. Salah satu penunjang penggunaan teknologi informasi yaitu smartphone. Salah satu merk smartphone yang banyak digunakan masyarakat yaitu, iPhone. Penjualan iPhone dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi, tetapi pada tahun 2021 penjualan mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan kualitas bagus yang ditawarkan iPhone maka harga jual iPhone termasuk tinggi daripada smartphone lainnya. Pandangan masyarakat terhadap pengguna iPhone yaitu berstatus ekonomi menengah keatas. Oleh karena itu, kebanyakan dari masyarakat yang tetap ingin memiliki iPhone dengan biaya yang lebih murah memilih untuk membeli iPhone bekas. Klasifikasi Naive Bayes merupakan teknik klasifikasi berdasarkan TeoremaBayes dengan asumsi independensi prediktor. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Periode pengambilan data pada penelitian ini dilakukan pada 7 Desember 2022 – 7 Januari 2023. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1328 data yang dicrawling menggunakan PyCharm dengan keyword iPhone bekas dan iPhone second. Tujuan penelitian ini dibuat dan disesuaikan berdasarkan perumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana sentiment pengguna twitter terhadap iPhone bekas, performa Naïve Bayes terhadap sentimen analisis iPhone bekas di media sosial twitter, persepsi konsumen berdasarkan sentiment analisis yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan persepsi konsumen yang positif dengan 64.8% sentiment positif, 25.1% sentimen netral dan 10.1% sentimen negatif. Hasil performa Naïve Bayes terdapat nilai precision 66%, nilai recall 62%,nilai akurasi 62% dan nilai F1-Score 63%.
Kata Kunci: iPhone Bekas, Naïve Bayes, Persepsi Konsumen, Sentimen Analisis