PEMBUATAN MENU BOOK PADA DAILY ROUTINE ESPRESSO BAR COFFEE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

MOCHAMMAD IRFAN

Informasi Dasar

112 kali
23.04.3382
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banyaknya rumah makan dan kafe yang menyediakan produk olahan komoditas kopi di Bandung, termasuk kedai kopi, mengakibatkan munculnya persaingan yang tinggi antara satu kedai kopi dengan lainnya. Sehingga, dalam menghadapi tingkat persaingan yang tinggi saat ini, Daily Routine Espresso Bar sebagai salah satu bisnis kedai kopi membutuhkan strategi dan inovasi yang tepat untuk dapat mempertahankan posisi yang kompetitif. Salah satu upayanya adalah melakukan inovasi dengan pendekatan design thinking pada buku menu sehingga diharapkan inovasi yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan ini dapat meningkatkan intensi pembelian pelanggan terhadap produk kopinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat menu book Daily Routine Espresso Bar menggunakan pendekatan design thinking.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif agar peneliti dapat memahami lebih dalam kebutuhan pelanggan Daily Routine Espresso Bar. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data yaitu wawancara agar dapat menggali masalah, kebutuhan, dan harapan pelanggan terhadap menu yang menjadi media informasi dan promosi produk kopi Daily Routine Espresso Bar. Peneliti melakukan wawancara secara mendalam kepada tiga partisipan yang masing- masing partisipan mewakili segmen pasar Daily Routine Espresso Bar. Setelah pengumpulan data dilakukan, pengolahan dan analisis data dilakukan sesuai tahapan design thinking yaitu emphatize, define, ideate, dan prototype.

Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa pembuatan menu dengan menggunakan pendekatan design thinking dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: pada tahap emphatize, ditemukan beberapa masalah pada menu seperti rumitnya mengakses dua kartu menu, deskripsi tidak memadai, dan tidak adanya penyajian visual asli. Pada tahap define, peneliti mendefinisikan masalah bahwa pelanggan membutuhkan menu dengan informasi yang memadai agar mereka dapat membayangkan dan memilih produk yang tepat untuk dipesan sesuai dengan ekspektasi mereka. Pada tahap ideate, peneliti mengeksplor dan menentukan ide- ide solusi untuk menjawab permasalahan pelanggan dengan melihat acuan studi terdahulu dan validasi harapan partisipan terhadap menu. Kemudian, pada tahap prototype, peneliti membuat prototipe menu berdasarkan ide-ide solusi yang sudah ditentukan. Hasil prototipe menu tertera pada naskah penelitian ini.

Penelitian ini diharapkan dapat membantu baik pelaku bisnis Daily Routine Espresso Bar maupun pelaku bisnis kedai kopi lainnya untuk melakukan inovasi pada produk dan layanannya, salah satunya menu, dengan pendekatan design thinking. Selain itu, penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap prototype, sehingga perlu adanya penelitian lanjutan yang melakukan tahap test dan melihat juga dampak inovasi menu dengan pendekatan design thinking ini secarap empirik.

Subjek

Design Thinking
Marketing - business,

Katalog

PEMBUATAN MENU BOOK PADA DAILY ROUTINE ESPRESSO BAR COFFEE MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD IRFAN
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3A3 - DESIGN THINKING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini