PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER COMPLAINTS DAN CUSTOMER LOYALTY WEBSITE E-COMMERCE BLIBLI DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

MUHAMAD ALFIAN NUR RIFAI

Informasi Dasar

62 kali
23.04.3678
658.562
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

           Teknologi internet selalu berkembang dari waktu ke waktu, dan juga semakin banyak orang yang memanfaatkan dan menggunakan teknologi internet untuk menyokong atau membantu dalam kegiatan sehari hari dimana pada tahun 2022 jumlah pengguna internet sudah mencapai 200 juta pengguna. Dampak dari teknologi internet adalah munculnya peluang ekonomi baru yaitu orang mulai melakukan jual beli melalui media perantara internet atau yang bisa disebut dengan e-commerce. Blibli menempati posisi ke-4 dalam jumlah pengguna di Indonesia berdasarkan data dari kata data.com pada tahun 2022. Blibli pernah mendapatkan keluhan negatif dari konsumen blibli, dimana blibli mendapatkan penurunan jumlah pengunjung pada tahun 2023 dimana sebelumnya blibli mempunyai pengunjung sebanyak 37,4 juta dan pada tahun selanjutnya menurun hanya mendapat pengunjung sebanyak 25,4 juta terjadi penurunan pengunjung sebanyak 12 juta pengunjung.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari service quality terhadap customer complaints dan customer loyalty di website e-commerce Blibli. Dimana pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dalam proses pengumpulan data menggunakan teknik non probability sampling dengan sampel minimal sebanyak 166, penyebaran sampel dilakukan dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan SPSS sebagai alat untuk menguji validitas dan reliabilitas dan data diolah dengan menggunakan alat SMART-PLS.

            Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang dilakukan menggunakan bantuan software Smart-PLS dengan jumlah sampel sebanyak 221 di dapatkan hasil bahwa variabel service quality yang digunakan pada penelitian ini bisa mempengaruhi customer complaint dan customer loyalty pada konsumen Blibli .

            Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberi manfaat bagi perusahaan blibli agar selalu menjaga service quality yang diberikan kepada pelanggan agar pelanggan dapat selalu berada di blibli.

            Saran yang dapat diberikan agar blibli bisa selalu menjaga dan meningkatkan service quality yang diberikan kepada konsumen dan selalu memprioritaskan konsumen.

 

Kata Kunci: Customer Complaints ,Customer Loyalty, Customer Satisfaction, SMART-PLS, Service Quality, Website E-Commerce Blibli

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING,

Katalog

PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER COMPLAINTS DAN CUSTOMER LOYALTY WEBSITE E-COMMERCE BLIBLI DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ALFIAN NUR RIFAI
Perorangan
Khairani Ratnasari Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3J4 - MANAJEMEN KUALITAS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini