Perkembangan teknologi internet di era globalisasi saat ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadapdunia bisnis dan ekonomi. Penggunaan teknologi internet dalam bisnis telah meningkatkan jangkauan pemasaran,kecepatan transaksi, dan kecepatan pengiriman barang dan jasa. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya penawaran kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh di platform ecommerce. Indrustri kecantikan mencatat bahwa cara untukmempromosikan dan mendorong transaksi pembelian produk dipengaruhi oleh komunikasi eWOM salah satunyacustomer review dan influencer review.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh langsung eWOM, termasuk ulasan pelanggan dandukungan influencer, terhadap niat pembelian produk Avoskin, dengan variabel kepercayaan sebagai moderator.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian kausal. Teknik penentuan sampel dalam penelitianini adalah non probability sampling dan metode yang digunakan adalah Convenience Sampling sebanyak 400 respondenyang tertarik untuk membeli produk Avoskin Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan skala ordinal dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Squares Strucutral EquationModeling (PLS-SEM).
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa customer review memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention produk Avoskin, influencer review tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention produk Avoskin, trust memoderasi secara negatif hubungan antara customer review terhadap purchase intention produk Avoskin dan trust memoderasi secara negatif hubungan antara customer review terhadappurchase intention produk Avoskin, trust tidak memoderasi hubungan influencer review terhadap purchase intention.
Saran dari hasil penelitian ini yaitu perusahaan Avoskin diharapakan bisa lebih selektif dalam memilih influencer endorser. Perusahaan Avoskin diharapkan dapat terus menjaga dan meningkatkan kualitas produknya dan memberikan layanan pelanggan sebaik mungkin. hal ini akan mendorong banyak konsumen untuk meninggalkan review positif tentang produk Avoskin.