Bisnis di sektor makanan dan minuman telah menjadi faktor pertumbuhan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, sektor makanan dan minuman mencapai pertumbuhan sebesar 7,78% secara kumulatif, namun setelah adanya pandemi, pada bulan Januari 2022, sektor makanan dan minuman mengalami peningkatan sebesar 12,06% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan persaingan antara bisnis minuman boba semakin intens. Saat ini, Xiboba berada di peringkat 5 dengan 65% responden yang mengetahui merek ini dan 45% responden yang pernah mencobanya. Namun, hal ini menunjukkan bahwa konsumen hanya mengetahui merek Xiboba tanpa mengetahui rasa produknya. Dengan demikian, nilai (value) Xiboba di mata konsumen masih rendah, sehingga customer satisfaction dan terciptanya brand loyalty belum tercapai.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tujuan penelitian deskriptif dan kausal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel consumer-based brand equity terhadap brand loyalty pada produk Xiboba, serta untuk mengetahui pengaruh variabel customer satisfaction sebagai mediasi antara consumer-based brand equity dan brand loyalty di Xiboba.
Pada penelitian ini, digunakan teknik sampling non-probability dengan jumlah sampel sebanyak 385 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menganalisis data yang terkumpul dengan mendeskripsikan data tersebut, serta analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SmartPLS 3.2.9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel consumer-based brand equity, yaitu perceived quality, perceived value of cost, brand identification, trust, dan lifestyle-congruence, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty pada produk Xiboba. Selain itu, customer satisfaction terbukti memediasi hubungan antara consumer-based brand equity dan brand loyalty pada produk Xiboba dengan baik.
Saran yang dapat peneliti berikan kepada Xiboba untuk meningkatkan brand identification melalui perluasan interaksi dengan konsumen agar lebih dekat dengan mereka. Untuk penelitian selanjutnya, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan variabel yang sama, namun juga mengeksplorasi penambahan brand awareness pada consumer-based brand equity.