Perancangan Program Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Mirukiway Tahun 2023

GAIZKA TIARA MEISYA LUNA

Informasi Dasar

170 kali
23.06.516
658.834 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tingginya tingkat persaingan di sektor Food and Beverage (F&B) dapat berdampak negatif terhadap tingkat loyalitas pelanggan, karena pelanggan memiliki banyak pilihan alternatif dalam memilih tempat untuk membeli produk dengan jenis serupa. Salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Bandung yang bergerak di bidang F&B adalah Mirukiway, yang terletak di Sukapura, Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perancangan terhadap program customer relationship management kepada Mirukiway guna meningkatkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang berdampak pada peningkatan loyalitas pelanggan. Dengan demikian, Mirukiway dapat mendorong pelanggan untuk memilih Mirukiway sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan minuman kekinian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh dari informan dijelaskan dan diuraikan secara rinci melalui penggunaan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan tahap penelitian, penulis melakukan perancangan terhadap program customer relationship management. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa hasil perancangan dan penerapan customer relationship management pada Mirukiway melalui program loyalitas berhasil meningkatkan retensi pelanggan, kepuasan, dan daya beli. Meskipun demikian, terdapat beberapa dampak negatif yang diakibatkan program loyalitas dan perlu diperhatikan, termasuk penurunan efektivitas pelayanan dan tantangan dalam pengelolaan data pelanggan.

Kata kunci : customer relationship management, loyalitas pelanggan

Subjek

CUSTOMER RELATION MANAGEMENT
 

Katalog

Perancangan Program Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Mirukiway Tahun 2023
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GAIZKA TIARA MEISYA LUNA
Perorangan
Ati Mustikasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DMH2J3 - CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini