Faeyza.foody merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan ringan di Kabupaten Tasikmalaya. Faeyza.foody menawarkan makanan ringan keripik lumpia yang berbahan baku keripik lumpia dan bihun goreng yang berbahan dasar bihun beras. Faeyza.foody didirikan pada tanggal 5 Oktober 2022. Dalam berjalannya usaha Faeyza.foody mengalami kendala yang dihadapi. Kendala yang dialami yaitu menurunnya pendapatan yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan. Faeyza.foody memerlukan alternatif solusi untuk menghadapi penurunan pendapatan penjualan tersebut. Faeyza.foody menggunakan metode analisis SWOT untuk mengetahui kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi lingkungan eksternal perusahaan (peluang ancaman). Sehingga dari penentuan faktor internal dan faktor eksternal tersebut didapatkan penentuan nilai bobot yang terdapat pada matriks IFE dan EFE. Maka didapatkan posisi perusahaan pada matriks IE. Kemudian dilakukan perumusan alternatif strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Tahap terakhir yaitu metode QSPM sebagai alat penentuan alternatif strategi yang diprioritaskan berdasarkan peroleh nilai TAS tertinggi. Perancangan strategi bisnis ini menghasilkan empat alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan oleh Faeyza.foody yaitu memanfaatkan teknologi digital dengan menambahkan media promosi yang lebih beragam, memaksimalkan proses promosi di sosial media Instagram, mengembangkan produk dengan cara menambah varian rasa baru dan menambah produk baru yang lebih kreatif dan inovatif, dan memperluas pangsa pasar. Penentuan alternatif strategi bisnis ini akan berdampak kepada meningkatnya pendapatan dengan memanfaatkan strategi bisnis secara bertahap oleh Faeyza.foody.
Kata Kunci – [Faeyza.foody, Strategi, SWOT, QSPM]