Saat ini, Tokopedia masih terus mengembangkan berbagai strategi content marketing dan berusaha untuk meningkatkan variasi dan kualitas konten yang disajikan kepada pelanggan, dengan sasaran mendorong customer engagement . Tokopedia perlu mengeluarkan dana yang sangat besar dengan bekerja sama dengan k-pop grup yaitu BTS dan Blackpink, yang perlu dipertanyakan seberapa efektifnya dalam mendorong minat konsumen.
Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh content marketing terhadap customer engagement (studi kasus pada pelanggan Tokopedia di kota Bandung). Teori yang digunakan adalah content marketing dan customer engagement .
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian causal explanatory digunakan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antara content marketing dengan customer engagement. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandung. Sampel yang dipilih adalah masyarakat kota Bandung yang menggunakan e-commerce Tokopedia, dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Didapat content marketing BTS dan Blackpink di Tokopedia berada di rentang netral/moderat, dan customer engagement Tokopedia berada di rentang netral/moderat. Untuk uji hipotesis, hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti content marketing celebrity k-pop berpengaruh terhadap customer engagement Tokopedia di kota Bandung.
Disarankan Tokopedia dapat meningkatkan variasi dan kualitas konten untuk tetap menarik perhatian dan mempertahankan engagement pelanggan.
Kata Kunci: E-commerce Content marketing, Customer engagement, Tokopedia