IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL PT HUTAMA KARYA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN

FATHIYA NURALIFIA AHMAD

Informasi Dasar

329 kali
23.04.4461
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PT Hutama Karya dengan salah satu proyeknya yakni Jalan Tol Trans Sumatera memicu menimbulkan krisis karena beberapa faktor pembangunan, sehingga diperlukan strategi komunikasi agar bisa menjalin relasi dengan stakeholder untuk mengatasi hal tersebut . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi eksternal yang dilakukan Hutama Karya dilihat dari kesesuaian pada teori komunikasi external menurut Suranto AW (2015) dengan memuat unsur pola komunikasi eksternal antara perusahaan dengan stakeholder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan komunikasi eksternal di Hutama Karya dilakukan melalui tahapan manajemen komunikasi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Implementasinya dilakukan melalui beberapa program seperti campaign, Focus Group Discussion, optimalisasi media sosial, audiensi bersama pemerintah daerah, dan membina media. Komunikasi eksternal membantu Hutama Karya dalam menjalin relasi yang baik dan kerjasama dengan para stakeholder. Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan Hutama Karya di bidang komunikasi yang didapat sepanjang 2022.

Kata Kunci : Citra Perusahaan, Komunikasi Eksternal, Strategi Komunikasi

 

 

ABSTRACT

PT Hutama Karya with one of its projects, the Trans Sumatra Toll Road, triggered a crisis due to several development factors, so a communication strategy is needed in order to establish relationships with stakeholders to overcome this. The aim of this study is to analyze the external communication conducted by Hutama Karya in terms of the suitability of external communication theory of Suranto AW (2015) by loading elements of external communication patterns between companies and stakeholders. This study used qualitative descriptive method approach. Data collection was conducted through interviews, observation and documentation. It shows that external communication in Hutama Karya is conducted through the stages of communication management that are planning, organizing, implementing and evaluating. Its implementation is conducted through several programs; such as, campaigns, Focus Group Discussions, optimizing social media, hearings with local governments, and fostering the media. In addition, external communication helps Hutama Karya in establishing good relations and collaboration with stakeholders which can be seen in the Hutama Karya award in the field of communication received throughout 2022.

Keywords : Communications Strategy, Company Image, External Communications

Subjek

BRANDING
 

Katalog

IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL PT HUTAMA KARYA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PERUSAHAAN
 
xi, 80p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHIYA NURALIFIA AHMAD
Perorangan
Moch. Armien Syifaa Sutarjo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • COH3R4 - KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
  • KHI3D3 - KOMUNIKASI KORPORASI
  • KHI2K3 - STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini