Munculnya PLN Mobile merupakan jawaban inovasi PLN UP3 Bandung untuk mempercepat pelayanan. Dalam kurun waktu 2010-2020 pelanggan PLN meningkat 79 juta pelanggan dan pengguna aplikasi PLN Mobile dari 2021-2022 meningkat secara signifikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran terpadu PLN UP3 Bandung dalam penggunaan aplikasi PLN Mobile dengan menggunakan konsep strategi komunikasi pemasaran terpadu William G. Nickles. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivism dan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLN UP3 Bandung menerapkan lima indikator strategi komunikasi pemasaran terpadu dengan sangat baik. Pada indikator direct marketing PLN UP3 Bandung sangat agresif dan massif ikut dalam kegiatan yang mengundang masa banyak, melakukan sosialiasi pada semua kalangan, dan tidak melakukan kegiatan marketing yang mengganggu privasi pelanggan. Pada indikator sales promotion PLN UP3 Bandung memilih strategi promosi menggunakan kode refeal dan mengeluarkan diskon memanfaatkan momen tertentu. Pada indikator public relation PLN UP3 Bandung bekerjasama dengan pihak seperti radio, voli proliga, Pemkab Bandung dan Pemprov Jabar. Pada indikator personal selling PLN UP3 Bandung mempersiapkan anggotanya sebelum terjun ke lapangan. Pada indikator advertising seluruh konten visual dan audio visual yang dipublikasikan jelas, lugas, informatif dan menarik. PLN UP3 Bandung juga melakukan kegiatan event marketing yang baik dengan hadir dalam perhelatan liga voli Proliga, HUT Kota Bandung, dan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, PLN, PLN Mobile, Kecepatan Pelayanan