UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,
dengan banyak pemerintah daerah menekankan pada pemberdayaan UMKM.
Sektor ini memberikan kontribusi besar terhadap PDB negara, menciptakan
peluang kerja, dan mengurangi angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh entrepreneurial competency, marketing capability,
technology usage, finansial resources, dan knowledge sharing terhadap
keberhasilan usaha pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang
fashion di Kawasan Trunojoyo Bandung.
Metode kuantitatif dan kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan
analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-
SEM). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang
diperoleh dari jawaban responden terhadap pertanyaan yang ada dalam kuesioner
berupa nilai atau skor.
Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara variabel
Entrepreneurial Competency (X1), Marketing Capability (X2), Financial
Resources (X3), dan Technology Usage (X4) terhadap keberhasilan usaha pada
UMKM Fashion di Kawasan Trunojoyo Bandung. Nilai t statistics untuk variabel
X1, X2, dan X4 lebih besar dari nilai t tabel pada tingkat signifikansi 0,05,
sedangkan nilai p values untuk ketiga variabel tersebut kurang dari 0,05. Hal ini
mengindikasikan bahwa variabel X1, X2, dan X4 berpengaruh positif terhadap
keberhasilan usaha UMKM Fashion di kawasan tersebut. Namun, untuk variabel
Knowledge Sharing (X5), hasil uji menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM Fashion di
kawasan tersebut, karena nilai t statistics dan p values untuk variabel X5 tidak
memenuhi kriteria signifikansi pada tingkat 0,05.
Kata kunci: Entrepreneurial Competency, Marketing Capability, Technology
Usage, Finansial Resources, Knowledge Sharing