Penyediaan layanan komputasi awan menjadi bisnis yang menjanjikan karena
kebutuhan akan digitalisasi data semakin meningkat. Pelaksanaan bisnis layanan komputasi
awan memungkinkan banyak terjadi permasalahan teknis yang dialami oleh pelanggan.
Pencatatan keluhan pelanggan sudah dilakukan secara digital namun dengan platform ticketing
berbasis monolitik yang memiliki fitur terbatas serta performansi yang kurang optimal. Pada
capstone ini akan dirancang aplikasi ticketing helpdesk yang memiliki fitur untuk
memanajemen keluhan dan melakukan tracking terhadap masalah yang dialami klien. Selain
itu terdapat fitur-fitur tambahan yang memudahkan perusahaan untuk melihat kinerja engineer
dalam memberikan layanan kepada pelanggan, untuk mengatasi masalah tersebut kami akan
merancang solusi dengan pendekatan aplikasi ticketing berbasis microservices yang memiliki
performansi lebih baik daripada sistem yang digunakan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk membuktikan bahwa performa dari aplikasi ticketing berbasis microservices lebih
unggul daripada aplikasi ticketing berbasis monolitik. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa
aplikasi ticketing berbasis microservices lebih unggul dalam success rate, response time,
penggunaan CPU, dan penggunaan RAM.