Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DESSHANDRA GARCYA DEWI

Informasi Dasar

222 kali
23.05.334
658.81
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Industri beauty & personal care di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat pula untuk bersaing, salah satunya dengan memanfaatkan bauran pemasaran yang terdiri dari karakteristik produk, harga yang terjangkau, kemudahan akses produk, dan promosi potongan harga. Diduga dengan penerapan bauran pemasaran yang tepat dapat membawa posisi unggul dalam industri beauty & personal care.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Somethinc mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui bauran pemasaran yang terdiri dari karakteristik produk, harga yang terjangkau, kemudahan akses produk, dan promosi potongan harga. Penelitian ini juga menguji efek moderasi dari usia, pendapatan, dan budaya dalam hubungan minat beli terhadap keputusan pembelian.

Dengan menyebarkan kuesioner kepada 275 responden yang merupakan konsumen Somethinc di Indonesia dan skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu partial least square structural equation modeling dengan software SmartPLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik produk, harga yang terjangkau, kemudahan akses produk, dan promosi potongan harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Efek moderasi dari usia, pendapatan, dan budaya pun ditemukan dalam hubungan minat beli dan keputusan pembelian dalam penelitian ini.

Saran untuk Somethinc agar memperbaiki strategi dalam penawaran promosi potongan harga dengan memperhatikan PRACE yang merupakan framework siklus hidup pelanggan yang dapat menjadi acuan seberapa sering promosi potongan harga ditawarkan, meningkatkan jangkauan promosi, mendorong interaksi konsumen hingga mempertahankan hubungan dengan konsumen dengan menyediakan forum diskusi dan pemberian rewards bagi para konsumen. Selain itu, Somethinc disarankan untuk memfokuskan pada konsumennya yang berjenis kelamin perempuan yang masih berusia muda untuk meningkatkan penjualan.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Harga yang Terjangkau, Karakteristik Produk, Kemudahan Akses Produk, Keputusan Pembelian, Minat Beli, Promosi Potongan Harga, Strategi Pemasaran

Subjek

MARKETING MIX-MARKETING STRATEGY
BUSINESS MARKETING,

Katalog

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESSHANDRA GARCYA DEWI
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EMI1J2 - PERILAKU KONSUMEN DIGITAL
  • EMI2H6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini