SISTEM MONITORING ADUAN MAHASISWA BERDASARKAN ANALISIS SENTIMENT-CONTEXT UNTUK REKOMENDASI PENINGKATAN LAYANAN INSTITUSI

Arini Pramesta Setyaningtitah

Informasi Dasar

123 kali
24.04.196
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saran dan keluhan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan suatu organisasi demi meningkatkan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini mengolah saran dan keluhan dari mahasiswa yang dikumpulkan melalui kuesioner pada Sistem Informasi Perguruan Tinggi XYZ selama satu tahun untuk pertimbangan dalam meningkatkan kualitas layanan Institusi. Saran dan keluhan berupa teks sehingga dibutuhkan tahapan preprocessing teks ulasan dari data yang didapatkan seperti proses tokenizing, stemming, dan stopword removal. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sebuah dashboard monitoring yang menampilkan informasi tentang saran, tahun, dan klasifikasi data teks sesuai dengan bidang perbaikan yang dibutuhkan. Metode yang digunakan yakni sentiment analysis dan penentuan context. Langkah pertama mengumpulkan data keluhan mahasiswa melalui Sistem Informasi Perguruan Tinggi XYZ yang telah dikumpulkan oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Perguruan Tinggi XYZ. Selanjutnya melakukan teknik preprocessing data untuk membersihkan data saran dan keluhan yang kosong. Kemudian sentiment analysis dilakukan untuk mengevaluasi apakah teks yang dikumpulkan memiliki sentiment positif, negatif atau netral. Selanjutnya, diterapkan perhitungan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) pada masing-masing data berlabel sentiment positif, negatif, dan netral untuk mengekstraksi konteks dari data yang berlabel tersebut berdasarkan metode Context-based Reasoning (CBR). Berdasarkan CBR, konteks yang didapatkan akan dianalisis untuk dicari apa saja keluhan yang paling sering diutarakan mahasiswa, hingga objek yang paling sering disebut hingga menyebabkan opini bernilai negatif. Data hasil ini kemudian divisualisasikan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan perbaikan fasilitas. Penggunaan Bag of Words pada sentiment analysis mendapatkan hasil yang optimal yakni dengan akurasi nilai untuk sentiment analysis adalah sebesar 91%. Penerapan metode SVM untuk melakukan klasifikasi pada bidang- bidang mendapatkan akurasi 89% yang mana model ini cukup optimal. Visualisasi data menggunakan Google Data Studio sebagai alat untuk membuat dashboard dari dataset tersebut yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu output pada penelitian ini berupa kumpulan kata-kata yang merepresentasikan bidang-bidang pada Institusi. Terdiri dari Bidang 1, Bidang 2, dan Bidang 3 corpus ini dibuat khusus untuk melakukan klasifikasi jawaban aduan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh Institusi serta ditampilkan dalam dashboard monitoring. Hasil penelitian ini digunakan untuk rekomendasi para pemangku keputusan dalam menetapkan langkah-langkah yang akan dilaksanakan demi meningkatkan pelayanan. Kata Kunci: Context-based Reasoning, Bag of Words, Text Mining, Support Vector Machine, Sentiment Analysis

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

SISTEM MONITORING ADUAN MAHASISWA BERDASARKAN ANALISIS SENTIMENT-CONTEXT UNTUK REKOMENDASI PENINGKATAN LAYANAN INSTITUSI
TA/FRI.08.2024/82 SET s
96
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Arini Pramesta Setyaningtitah
Perorangan
Rokhmatul Insani, S.T., M.T., Berlian Rahmy Lidiawaty, S.ST., M.MT.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini