PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU (SIMADU) PADA BNN KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN MODEL ADKAR

Ais Ayuni Nur Rofi'ah

Informasi Dasar

174 kali
24.04.202
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya memiliki tugas dan fungsi dalam merumuskan dan memberdayakan masyarakat dalam pencegahan, penyalahgunaan, pemberantasan, dan rehabilitasi. BNN menerapkan Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SiMadu) sejak september tahun 2022 untuk memudahkan aktivitas pelayanan online. Sebagian besar proses pelayanan di BNN dijalankan secara manual. Sehingga ketika BNN menerapkan SiMadu terdapat perubahan yang harus dikelola dari kondisi saat ini ke kondisi yang diharapkan di masa mendatang. Kondisi saat ini, masyarakat memilih datang secara offline untuk mendapatkan pelayanan karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak BNN Surabaya. Dari kejadian tersebut sebanyak 80 orang datang di tempat dan hanya 20 orang yang menggunakan SiMadu. Berdasarkan fenomena, terlihat jelas bahwa terdapat permasalahan saat perubahan penggunaan sistem pelayanan dari manual ke SiMadu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan strategi manajemen perubahan yang terstruktur dari penerapan SiMadu agar aplikasi tersebut dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model Awareness, Desire, Knowledge, Ability, and Reinforcement (ADKAR) untuk mengidentifikasi perubahan dan mendapatkan solusi yang menjadi masukan untuk perencanaan strategi manajemen perubahan penerapan Aplikasi SiMadu. Hasil dari penelitian ini berupa roadmap manajemen perubahan terkait Aplikasi SiMadu yang terdiri dari tiga keadaan (State), yakni current, transition, and future. Strategi elemen awareness dan desire masuk ke dalam current state. Sedangkan strategi dari elemen knowledge dan ability masuk ke dalam transition state. Dan strategi dari elemen ability dan reinforcement masuk ke dalam future state. Dengan adanya roadmap manajemen perubahan tersebut diharapkan menjadi solusi bagi BNN Kota Surabaya untuk mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan agar aplikasi simadu dapat diimplementasikan dengan baik.

Kata Kunci: Manajemen Perubahan, Strategi SI/TI, SiMadu, Model ADKAR.

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU (SIMADU) PADA BNN KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN MODEL ADKAR
TA/FRI.08.2024/86 ROF p
247 p
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Ais Ayuni Nur Rofi'ah
Perorangan
Yupit Sudianto, S.Kom., M.Kom.
Aris Kusumawati, S.Kom., M.Kom.

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini