ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN SEPATU KULIT (Studi Kasus : UMKM Faaz Store Tanggulangin)

Nabila Karina Dewi

Informasi Dasar

344 kali
24.04.312
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Faaz Store Tanggulangin adalah UMKM yang bergerak di bidang sepatu kulit, beralamat di Jl. Raya Kludan No.47, Kludan, Kec. Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Masalah yang dihadapi UMKM Faaz Store adalah menurunnya penjualan pada Sepatu Kulit pasca pandemi covid, dan belum adanya analisis strategi yang tepat dari UMKM untuk meningkatkan penjualan tersebut pasca pandemi. Oleh karena itu penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran untuk peningkatan penjualan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Penelitian dilakukan dari awal bulan Mei 2023 hingga awal Desember 2024 . Dari hasil kalkulasi persentase penjualan produk Sepatu Kulit Faaz Store Tanggulangin tahun 2022 dan 2023 mengalami penurunan sebesar 5,56%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi yaitu mengamati lingkungan sekitar UMKM, pengumpulan data berupa wawancara, dengan mewawancarai pemilik dan para staff yang ada. Teknik analisis data terdapat 3 tahap analisis yaitu Input Stage, Matching Stage, dan Desicion Stage. Setelah dihasilkan beberapa alternatif strategi yang telah di dapat, akan dipilih tiga strategi pilihan yang akan diterapkan pada UMKM. Hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara bauran pemasaran 7P, dan Porter Five Forces analysis. Dari hasil perhitungan QSPM dapat dihasilkan tiga strategi utama berdasarkan nilai TAS tertinggi. Strategi pertama yaitu mempertimbangkan harga antar kompetitor sejenis, serta mempertahankan ciri khas produk, agar memenangkan persaingan harga antar pengrajin, dengan nilai TAS 16,693. Strategi kedua yaitu meningkatkan jumlah produk dan mengembangkan produk yang sudah ada, untuk dapat memenangkan pertumbuhan industri yang tinggi, dengan nilai TAS 16,651. Strategi ketiga yaitu menciptakan inovasi-inovasi produk baru, yang lebih digemari konsumen, yang membuat produk UMKM semakin bervariatif, dengan nilai TAS 16,413.

Kata kunci: UMKM, Strategi Pemasaran, Sepatu Kulit, SWOT, QSPM.

Subjek

INDUSTRI
TA

Katalog

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN SEPATU KULIT (Studi Kasus : UMKM Faaz Store Tanggulangin)
TA/FRI.04.2024/61 DEW a
101
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Nabila Karina Dewi
Perorangan
Ayu Endah Wahyuni, S.T., M.T., Huki Chandra, S.T., M.Sc.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini