Faaz Store Tanggulangin adalah UMKM yang bergerak di bidang sepatu kulit,
beralamat di Jl. Raya Kludan No.47, Kludan, Kec. Tanggulangin, Kabupaten
Sidoarjo. Masalah yang dihadapi UMKM Faaz Store adalah menurunnya penjualan
pada Sepatu Kulit pasca pandemi covid, dan belum adanya analisis strategi yang
tepat dari UMKM untuk meningkatkan penjualan tersebut pasca pandemi. Oleh
karena itu penelitian ini mengusulkan strategi pemasaran untuk peningkatan
penjualan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Penelitian dilakukan dari awal
bulan Mei 2023 hingga awal Desember 2024 . Dari hasil kalkulasi persentase
penjualan produk Sepatu Kulit Faaz Store Tanggulangin tahun 2022 dan 2023
mengalami penurunan sebesar 5,56%. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan wawancara. Observasi yaitu mengamati lingkungan sekitar UMKM,
pengumpulan data berupa wawancara, dengan mewawancarai pemilik dan para
staff yang ada. Teknik analisis data terdapat 3 tahap analisis yaitu Input Stage,
Matching Stage, dan Desicion Stage. Setelah dihasilkan beberapa alternatif strategi
yang telah di dapat, akan dipilih tiga strategi pilihan yang akan diterapkan pada
UMKM. Hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara bauran pemasaran 7P, dan
Porter Five Forces analysis. Dari hasil perhitungan QSPM dapat dihasilkan tiga
strategi utama berdasarkan nilai TAS tertinggi. Strategi pertama yaitu
mempertimbangkan harga antar kompetitor sejenis, serta mempertahankan ciri khas
produk, agar memenangkan persaingan harga antar pengrajin, dengan nilai TAS
16,693. Strategi kedua yaitu meningkatkan jumlah produk dan mengembangkan
produk yang sudah ada, untuk dapat memenangkan pertumbuhan industri yang
tinggi, dengan nilai TAS 16,651. Strategi ketiga yaitu menciptakan inovasi-inovasi
produk baru, yang lebih digemari konsumen, yang membuat produk UMKM
semakin bervariatif, dengan nilai TAS 16,413.
Kata kunci: UMKM, Strategi Pemasaran, Sepatu Kulit, SWOT, QSPM.