PERANCANGAN BAURAN PROMOSI PENJUALAN PRESS ON NAILS UMKM DIARY NAILS MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NI MADE DINDA GITA INDAH PRAMESTHY

Informasi Dasar

289 kali
24.04.1728
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di tengah dinamika pasar yang terus berubah, perusahaan dan usaha, terutama dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang perlu beradaptasi dengan strategi pemasaran yang baru untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing mereka. Namun hal tersebut justru menjadi akar permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Dairy Nails yaitu promosi yang kurang optimal sehingga penjualan tidak stabil dan belum mencapai target penjualan. Sehingga dari akar permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan bauran promosi agar hasil penjualan dapat meningkat, stabil, dan dapat memenuhi target. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Metode SWOT digunakan untuk menciptakan strategi alternatif, yang dimana perlu melakukan analisis faktor internal dan eskternal Dairy Nails menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) yang bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat pada usaha dan matriks IE (Internal – External) untuk menentukan posisi usaha yang terletak pada kuadran sesuai dengan hasil IFE dan EFE yang didapatkan. Selanjutnya dilakukan analisis pada matriks SWOT yang bertujuan untuk menciptakan strategi dengan mempertahankan kekuatan dan memanfaatkan peluang, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman, tahap akhir yaitu menggunakan metode QSPM untuk mengusulkan strategi menggunakan nilai TAS tertinggi untuk kemudian diimplementasikan. Setelah didapatkan hasil IFE dan EFE, maka kemudian dilakukan perhitungan menggunakan matriks IE dan terdapat hasil bahwa Dairy Nails berada di kuadran II yang berartikan UMKM dalam posisi Growth. Setelah itu dilakukan pembentukan usulan matriks SWOT dan didapatkan 16 strategi usulan untuk Dairy Nails. Setelah didapatkan 16 strategi sebelumnya, maka akan dilakukan perhitungan menggunakan QSPM untuk mengurutkan strategi terbaik yang kemudian akan dimplementasikan oleh Dairy Nails.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PERANCANGAN BAURAN PROMOSI PENJUALAN PRESS ON NAILS UMKM DIARY NAILS MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii; 126p;ill;pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI MADE DINDA GITA INDAH PRAMESTHY
Perorangan
Budi Praptono, Tiara Verita Yastica
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini