Perancangan Brand Identity dan Brand Communication Desa Mekarsari Kabupaten Bandung - Dalam bentuk buku karya ilmiah

TRI FAJAR YUSUP WIDODO

Informasi Dasar

315 kali
24.04.1731
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia salah satu negara yang diberkahi kekayaan alam dan budaya yang melimpah dan beragam di setiap penjuru wilayahnya. Kekayaan ini membuat setiap daerah di Indonesia memiliki pesona dan karakteristiknya masing-masing yang menjadi potensi besar sebagai daya tarik pariwisata bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Pemerintah sendiri telah memulai program desa wisata sejak tahun 2020 dan salah satu desa wisata tersebut adalah Desa Mekarsari Kabupaten Bandung yang memiliki keindahan alam kebun teh, sejarah, dan kebudayaan di dalamnya. Namun, karena tidak adanya program pariwisata berkelanjutan, tidak adanya identitas daerah yang spesifik, serta tidak adanya media pemasaran yang mengkomunikasikan pariwisata Desa Mekarsari, hal ini berdampak pada rendahnya daya saing pariwisata, sehingga mengakibatkan sedikitnya kunjungan wisatawan dan minimnya pemahaman masyarakat desa terhadap sektor pariwisata. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pengembangan pariwisata perlu dilakukan melalui penelitian dan perancangan terhadap potensi-potensi desa yang dimiliki. Penulis menggunakan berbagai metode observasi guna mendapatkan informasi dan data dari berbagai sudut pandang seperti observasi lapangan, observasi visual, observasi karya tulis, observasi daring, observasi proyek sejenis, wawancara, dan juga kuesioner. Sebagai tindak lanjut dari hasil observasi, penulis melakukan analisis dari setiap data maupun informasi yang telah didapatkan agar mendapatkan pemahaman lebih mendalam melalui analisis SWOT dan matriks SWOT, market insight ladder, analisis perbandingan khalayak pasar, serta matriks perbandingan proyek sejenis. Selanjutnya, dari hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa Desa Mekarsari membutuhkan brand identity dan brand communication untuk mengatasi masalah pariwisata di desa tersebut. Maka diharapkan perancangan ini dapat membantu pengurus pariwisata Desa Mekarsari dalam mengelola pariwisata lokal dan secara tidak langsung meningkatkan pemahaman serta perekonomian masyarakat, melalui peningkatan aktivitas pariwisata di daerah tersebut.

Subjek

PLACE BRANDING
 

Katalog

Perancangan Brand Identity dan Brand Communication Desa Mekarsari Kabupaten Bandung - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
; 137p; ill; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRI FAJAR YUSUP WIDODO
Perorangan
Adya Mulya Prajana, Wahyu Lukito
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ADH2M3 - BRAND AND IDENTITY
  • VDG3J3 - BRANDING
  • DEI3R2 - STRATEGI DESAIN
  • SD843046 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini