ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YAQUTA DWIKE AMALIYA

Informasi Dasar

345 kali
24.04.2374
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Dalam kemajuan teknologi informasi, kebutuhan akan informasi sangat membantu para penggunannya menjadi lebih mudah serta efisien, salah satunya dalam bidang pendidikan. Terdapat banyak platform teknologi informasi yang dapat digunakan dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah E-Learning. Penggunaan E-Learning juga digunakan sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi yaitu Institut Teknologi Telkom Surabaya. Namun masih terdapat permasalahan dalam penggunaan E-Learning. Salah satu keluhan yang dialami oleh mahasiswa yaitu, sering terjadi error dan terkadang sulit untuk dapat mengakses ketika dalam waktu tertentu. Hal ini membuat mahasiswa sebagai pengguna E-Learning merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar, sehingga mahasiswa terlambat mendapatkan materi yang disampaikan oleh dosen. Permasalahan lain mahasiswa cenderung mengerjakan tugas kuliah pada waktu akhir dari jadwal yang sudah ditentukan dosen, hal ini dikarenakan sulit di akases dan mengalami server down karena banyak mahasiswa yang mengakses, sehingga mahasiswa terlambat mendapatkan informasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah model technology acceptance model (TAM) variabel kemanfaatan (Usefullness) dan kemudahan pengguna (ease of use) secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi e-learning. Sampel penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa pada prodi sistem informasi dengan teknik sampling yang digunakan adalah Simpel random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier dan menggunakan alat bantu berupa software SPSS (statistical product and service solutions).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable Usefullness mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi E-Learning dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari pada nilai taraf signifikansi yang telah ditentukan yaitu sebesar 0,05.
 
Kata kunci— Kepuasan Pengguna, Technology Acceptance Model (TAM), SPSS (statistical product and service solutions).
 

Subjek

MANAGEMEN LEADEERSHIP
 

Katalog

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YAQUTA DWIKE AMALIYA
Perorangan
Rokhmatul Insani, Hawwin Mardhiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IS3213 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini