Pengaruh Mobile Service Quality, Perceived Service Quality, Perceived Price Fairness terhadap Customer Loyalty Pengguna Gofood di Kota Bandung melalui Customer Satisfaction dengan Personal Innovativeness Sebagai Moderator Dari Customer Satisfaction dan Mo

JULIUS MARUASA SINAGA

Informasi Dasar

342 kali
24.05.301
658.812
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Industri online food delivery menjadi salah satu sektor yang memiliki nilai transaksi ekonomi digital terbesar kedua di Indonesia dengan nilai total transaksi pada tahun 2023 sebesar $7 miliar. Kemudahan serta efisiensi yang diberikan oleh layanan online food delivery membuat banyak kalangan masyarakat, khususnya generasi z yang mulai menggunakan layanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jika dilihat berdasarkan demografi yang ada, Jawa Barat, khususnya Kota Bandung sebagai salah satu kota di Jawa Barat dengan populasi generasi z paling banyak.
Persaingan dalam industri online food delivery di Indonesia menjadi sesuatu yang tidak akan pernah terhindarkan dan akan semakin sengit dan menyisahkan tiga nama besar yang masih bertahan seperti GoFood, ShopeeFood dan GrabFood. GoFood merupakan layanan online food delivery yang pertama kali berada di Indonesia dan telah beroperasi sejak 1 April 2015, namun hingga saat ini, GoFood masih kalah dari GrabFood yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan GoFood memiliki masalah pada customer loyalty mereka yang dapat dilihat dari GoFood yang menjadi top of mind pada industri online food delivery di Indonesia serta konsumen yang memilki ketertarikan untuk merekomendasikan layanan tersebut, tidak memiliki repuchase yang baik. Hal tersebut terlihat dari GMV GoFood pada tahun 2023 yang turun sebesar 6% dan pada tahun 2023 GMV GoFood berdasarkan persentase hanya sebesar 38%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi customer loyalty konsumen generasi z yang merupakan pengguna layanan online food delivery GoFood di Kota Bandung. Variabel-variabel yang yang terindikasi mempengaruhi customer loyalty GoFood adalah perceived price fairness, perceived service quality, mobile service quality, customer satisfaction dan personal innovativeness yang memoderasi secara negatif antara mobile service quality dengan customer loyalty.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dalam non-probability sampling yang dimana data primer didapat dengan menyebarkan kuesioner online dengan menggunakan skala likert kepada para responden yang pernah menggunakan GoFood minimal sebanyak satu kali dalam satu minggu selama tiga bulan terakhir. SEM-PLS merupakan teknik analisis data yang digunakan dengan SmartPLS v.3.2.9 sebagai software yang digunakan untuk mengolah data.
 
Kata kunci: Kualitas Layanan Seluler, Kualitas Layanan yang Dirasakan, Kewajaran Harga yang Dirasakan, Kepuasan Pelanggan, Inovasi Pribadi, Loyalitas Pelanggan

Subjek

DIGITAL MARKETING
CUSTOMER RELATIONSHIPS, CUSTOMER LOYALTY,

Katalog

Pengaruh Mobile Service Quality, Perceived Service Quality, Perceived Price Fairness terhadap Customer Loyalty Pengguna Gofood di Kota Bandung melalui Customer Satisfaction dengan Personal Innovativeness Sebagai Moderator Dari Customer Satisfaction dan Mo
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JULIUS MARUASA SINAGA
Perorangan
Ratih Hendayani, Riski Taufik Hidayah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EMI1J2 - PERILAKU KONSUMEN DIGITAL
  • MM400014 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini