Berkembangnya internet yang pertumbuhan begitu cepat dari tahun ke tahun, yang memberikan pengaruh besar bagi dunia bisnis, yang membuat lahirnya e-commerce, salah satu persuahaan e-commerce terbesar di Indonesia adalah Traveloka, yang bejalan diindustri Online Travel Agency. Meskipun Perusahaan terbesar diindustri OTA Traveloka mengalami penurun yang drastis pada market share kuartal satu tahun 2023 lalu apa yang penyebab konsumen Traveloka beralih, apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Traveloka. Keputusan pembelian sendiri merupakan proses pengambilan keputusan pembeli di mana konsumen benar-benar membeli. Traveloka sendiri memilki permasalahan pada kualitas pelayanan yang sering dikeluhkan konsumen seperti ketidak sesuaian informasi pada tiket dan jadwal, customer care yang terlalu lama dan proses refund yang terlalu lama. kualitas pelayanan adalah keseluruhan ciri-ciri suatu produk atau jasa yang menekankan pada pemenuhan harapan pelanggan. Maka dari itu adanya kepengaruhan kualitas pelayang terhadap keputusan pembelian yang membuat penurunan penjualn Traveloka.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM PLS dan teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability dan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 387 orang, Hasil Penelitan menunjukan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Berdasarkan analisis deskriptif, dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan cukup baik dan Hipotesis yang menunjukan terdapat signifikan dan diterima yang berarti adanaya pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, Adapun saran bagi perusahaan adalah untuk membuat opsi pilihan harga yang ekonomis pada aplikasi atau melakukan pemberian diskon khusus yang diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat terbantu memilih atau membeli di Traveloka sesuai dengan finasial yang dimilikinya.
Berdasarkan analisis deskriptif, dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan cukup baik dan Hipotesis yang menunjukan terdapat signifikan dan diterima yang berarti adanaya pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, Adapun saran bagi perusahaan adalah untuk membuat opsi pilihan harga yang ekonomis pada aplikasi atau melakukan pemberian diskon khusus yang diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat terbantu memilih atau membeli di Traveloka sesuai dengan finasial yang dimilikinya.