Indonesia adalah sebuah negara berkepulauan, memiliki lebih dari 17.000 pulau, maka dari itu Indonesia juga memiliki keberagaman budaya yang sangat banyak dan unik. Salah satu ciri khas Indonesia adalah makanan khas-nya. Makanan khas daerah dapat merefleksikan identitas sosial seseorang, karena di dalamnya terdapat unsur-unsur budaya, seperti resep-resep tradisional.salah satu contohnya adalah Kue Lontar yang berasal dari Papua. Kue Lontar belum popular dikalangan masyarakat karena kurangnya dukungan media visual dalam memasarkan produknya. Masalah ini disebabkan oleh kurangnya identitas produk yang tertera pada kemasannya. Oleh karena itu, diperlukan perancangan media untuk mempromosikan produk kue Lontar Papua. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sementara itu, analisis dilakukan menggunakan matriks dan SWOT untuk mengatasi permasalahan yang ada. Diharapkan, perancangan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas terhadap budaya Papua, terutama terkait Kue Lontar.