Di era media digital, konglomerasi serta komodifikasi media marak terjadi, fungsi utama media sebagai tempat memberi informasi kepada khalayak telah beralih fungsi menjadi wadah bagi berbagai perusahaan media untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Di sini, eksistensi media lokal menjadi sangat penting sebagai pengisi informasi faktual kepada masyarakat sekitar. Pada penelitian kali ini, penulis akan mengkaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif tentang pendekatan bisnis media lokal bandungbergerak.id serta implikasinya terhadap performa jurnalisme. Media ini menjadi perhatian penulis karena kemampuan mereka untuk membuat tulisan berkualitas yang mengangkat isu-isu yang jarang diangkat oleh media arus utama meski hanya berbentuk media lokal. Penelitian ini akan mengungkap apa saja metode yang dilakukan oleh pihak bandungbergerak.id dalam mendapatkan biaya operasional agar bisa bertahan serta konsisten membuat laporan di tengah gempuran media besar yang mendapatkan banyak keuntungan via iklan dan traffic, sehingga seringkali justru tulisan media besarlah yang bersifat click-bait dengan sedikit atau bahkan tanpa perhatian terhadap kualitas. Kata kunci: media lokal, pendekatan bisnis, bandungbergerak.id, performa jurnalisme, bertahan, keuntungan.