Konfeksi Lingga Buana merupakan konfeksi yang telah menerima hingga ribuan pesanan tiap tahunnya. Permasalahan yang dimiliki ada pada target jumlah pesanan belum tercapai, yang mana hanya mencapai 77,3%. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti permasalahan sumber daya tenaga kerja, sistem pemasaran, lingkungan kerja, kompetitor yang dihadapi, produk yang ditawarkan, pengelolaan pesanan, dll. Dalam upaya mengatasi permasalahan utama maka perlunya evaluasi kondisi bisnis saat ini dan rancangan model bisnis usulan dengan metode Business Model Canvas. Metode penelitian ini menggunakan data pendukung diantaranya model bisnis saat ini, data pelanggan, dan data lingkungan. Data tersebut dianalisis untuk memperoleh strategi yang sesuai dengan memperhitungkan strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT) sehingga menghasilkan model bisnis usulan. Selanjutnya model bisnis diidentifikasi berdasarkan Blue Ocean Strategy dengan mengeliminasi, mengurangi, meningkatkan, dan menciptakan strategi yang sesuai dengan permasalahan. Hasil rancangan merumuskan beberapa inovasi pada model bisnis. Diantaranya, adanya peningkatan jenis layanan dan produksi pakaian white label, peningkatan pada strategi promosi dan perluasan customer segment, peningkatan pada sumber daya yang dimiliki, meningkatkan kerja sama dengan kemitraannya, mengurangi alokasi biaya yang tidak diperlukan. Dengan menerapkan model bisnis usulan dan strategi promosi yang berjalan dengan baik, laba pendapatan berpotensi meningkat hingga 37% dari kondisi sebelumnya.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Analisis SWOT, Blue Ocean Strategy, Konfeksi, Model Bisnis