PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, menghadirkan produk Indibiz sebagai suatu solusi inovatif untuk mengakomodasi kebutuhan akses internet yang didukung oleh kebutuhan akses internet bagi pengembangan UMKM pada era modern dan digital. Tujuan dari produk Indibiz, untuk mendukung pertumbuhan bisnis serta menyediakan solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan peluang bisnis yang lebih banyak. Pada tahun 2023, terdapat ketidaktercapaian target penjualan Indibiz selama 9 bulan penjualan. Indibiz hanya mencapai target penjualan pada 3 bulan penjualan. Terdapat beberapa permasalahan pada aspek harga, aspek pemasaran, dan aspek keingingan konsumen terhadap produk Indibiz. Maka dari itu, dilakukan suatu analisis untuk mengetahui customer profile dan value map untuk produk Indibiz menggunakan value proposition canvas. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk Indibiz telah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Terdapat proses pengumpulan data layanan Indibiz, data wawancara kepada 10 UMKM untuk pemetaan customer profile, dan data strategi perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Pada aspek pengolahan data, dilakukan perancangan value proposition canvas Indibiz yang diawali dengan pemetaan customer profile, pembuatan ranking, pemilihan prioritas, penciptaan ide, perancangan value map Indibiz, dan fitting customer profile dengan value map Indibiz. Kemudian, dilakukan perancangan perbaikan value proposition canvas Indibiz yang diawali dengan analisis kanvas strategi, analisis ERRC, perancangan perbaikan value map, dan fitting antara customer profile dengan value map yang sudah diperbaiki. Hasil dari perancangan berupa perbaikan value proposition canvas Indibiz, dijadikan sebagai usulan dalam perancangan value proposition canvas. Berdasarkan hasil perbaikan value proposisiton canvas, Indibiz diharapkan dapat mengeliminasi fitur atau layanan yang tidak dibutuhkan, mengurangi harga penjualan, meningkatkan integrasi sistem pada produk Indibiz, memberikan after sales support bagi konsumen, menciptakan layanan yang lebih disesuaikan untuk UMKM, dan berinovasi untuk menciptakan layanan yang memudahkan pengguna dalam mengoperasionalkan layanan Indibiz. Terdapat hasil yang dapat diimplementasi dari usulan value proposition canvas Indibiz, meliputi penambahan paket digitalisasi UMKM berbasis all-in-one dan layanan paket bundling untuk sistem pemasaran secara digital.
Kata kunci – UMKM, Indibiz, value map, value proposition canvas, customer profile, value map